Berita Lamongan Hari Ini

Maling Tinggalkan Motornya, Honda PCX, saat Tepergok di Dlanggu, Lamongan

Ihya Ulumudin (20), pemuda asal Dusun Ngujung Jobo Desa Gedungboyountung Kecamatan Turi, Lamongan, tepergok saat hendak mencuri ketiga kali.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Yuli A
hanif manshuri
Ihya Ulumudin (20), pemuda asal Dusun Ngujung Jobo Desa Gedungboyountung Kecamatan Turi, Lamongan, tepergok saat hendak mencuri pada Jumat (18/11/2022). 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN - Ihya Ulumudin (20), pemuda asal Dusun Ngujung Jobo Desa Gedungboyountung Kecamatan Turi, Lamongan, tepergok saat hendak mencuri pada Jumat (18/11/2022).

Aksinya dipergoki korban, Mohammad Anas Al-Baihaqi (22), warga Dusun Dandangan Desa Dlanggu Kecamatan Deket, Lamongan.

Pada aksi ketiga di rumah korban ini, dia tepergok dan berhasil kabur ke area pertambakan.

Pelaku ternyata pernah dua kali masuk rumah korban. Pertama berhasil mencuri uang, kedua HP dan ketiga gagal karena terpergok anggota keluarga korban.

Uniknya, saat menuju sasaran pencurian itu, pelaku naik motor Honda PCX nopol S 5230 JAQ.

Ketika masuk rumah korban, pelaku tidak bisa leluasa menggasak barang yang hendak dicuri karena ketahuan korbannya.

Tidak ingin konyol, Ihya Ulumudin kabur dan meninggalkan motornya yang diparkir tak jauh dari rumah korban.

Korban dan  para tetangga tidak berusaha memburu pelaku karena ada  motor yang  tertinggal  dan dipastikan milik pelaku 

Kemudian warga sepakat membiarkan motor tersebut tetap terparkir di tempatnya. Warga kemudian mengatur strategi, menyanggong pemilik motor yang diyakini  akan kembali mengambil motor yang ditinggalkan.

Strategi warga berhasil mengintai  dua orang yang  datang ke lokasi untuk mengambil sepeda motor tersebut. Tidak ingin kehilangan kesempatan, beberapa warga langsung menyergap keduanya, Ihya Ulumudin dan Nono Hermansyah.

Beruntung, keduanya bisa diselamatkan meski beberapa kali menerima bogem mentah dari warga yang tidak mampu menahan amarah 

Pelaku kemudian dievakuasi ke Balai Desa Dlanggu sebelum akhirnya dijemput Kapolsek Deket, AKP Sri Iswati didampingi Kanit Reskrim, Aiptu Slamet dan 4 anggota untuk dibawa ke Mapolsek Deket.

"Pelakunya IU, sedang Nono Hermansyah adalah teman pelaku yang siang tadi dimintai bantuan hanya untuk mengantar mengambil sepeda motor,"  kata Kasi Humas Polres Lamongan, Ipda Anton Krisbiantoro saat dikonfirmasi Tribunjatim Network, Jumat (18/11/2022).

Pelaku juga mengaku beberapa kali mencuri di rumah warga, di lingkungan rumah  korban, Dusun Ngujung Jobo, tempat ia tinggal.

Rumah pelaku tidak jauh dari lokasi TKP, hanya berjarak 3 kilometer dari rumah korban.

Polisi mengamankan barang bukti sepeda motor Honda PCX nopol S 5230 JAQ, dompet berisi uang real Saudi Arabia dan dompet kecil berisi peralatan kebersihan badan.

Menurut Anton, penyidik masih mengembangkan penyelidikan untuk mengungkap kemungkinan pelaku melalukan aksi di tempat lain.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved