Berita Batu Hari Ini

Dua Hari, Terjadi Tanah Longsor Sebanyak 6 Kali di Kota Batu

Ada enam kejadian bencana tanah longsor di Kota Batu sepanjang 25 November - 26 November 2022.

Penulis: Dya Ayu | Editor: rahadian bagus priambodo
Pusdalops BPBD Batu
longsor di Jurang susuh perbatasan Kota Batu (Desa Giripurno) - Kabupaten Malang (Desa Tawang Argo)  

SURYAMALANG.COM|BATU - Ada enam kejadian bencana tanah longsor di Kota Batu sepanjang 25 November - 26 November 2022.

Enam kejadian tanah longsor masing-masing terjadi RT 03 RW 10 Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji dan Dusun Brau Atas, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji pada Jumat (25/11/2022).

Menurut Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim penyebab utama longsor di sejumlah lokasi di Batu terjadi karena hujan deras yang turun beberapa hari ini.

“Untuk penyebabnya karena hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga longsor yang di Brau itu membuat plengsengan non teknis tergerus air hujan dan mengakibatkan tanah longsor hingga menutup separuh jalan,” kata Achmad Choirur Rochim, Minggu (27/11/2022).

Sedangkan empat kejadian terjadi pada Sabtu (26/11/2022) kemarin di Jurang susuh perbatasan Kota Batu (Desa Giripurno) - Kabupaten Malang (Desa Tawang Argo), Jalan Pattimura gg. 5 RT 1 RW 6, Kelurahan Temas Batu, RT 02 RW 06 Dusun Krajan Sae Desa Beji Kecamatan Junrejo dan di Jl Raya Pandanrejo Gg 1, RT 01 RW 06 Dusun Kajar Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji.

Beruntung dalam enam tanah longsor itu tak memakan korban.

“Saat ini masih dilaksanakan pembersihan material tanah longsor yang sampai dengan tadi malam belum bisa diselesaikan. Untuk yang di jurang Susuh tanah jenuh ambrol sehingga pohon dipinggir jalan roboh dan memakan hampir separuh badan jalan. Saat ini sementara jalan hanya boleh di lewati oleh kendaraan roda 2,” jelasnya kepada Suryamalang.com.

Khusus untuk yang di Jurang Susuh, saat ini pihak terkait tengah melakukan perbaikan jalan karena jalan tersebut merupakan jalan provinsi dan di lalui kendaraan besar dan muatan berat.

“Kami harap pengguna jalan agar waspada saat melintas ruas jalan yang rawan longsor, terutama saat turun hujan,” ujarnya.

Akibat longsor di Jurang susuh perbatasan Kota Batu (Desa Giripurno) - Kabupaten Malang (Desa Tawang Argo) bagi pengguna jalan dari arah Malang yang ingin ke Batu, bisa menggunakan jalur Dinoyo-Landungsari agar tidak terjebak kepadatan kendaraan di sekitar Karangploso.(myu)

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved