Berita Arema Hari Ini

Renovasi Stadion Kanjuruhan akan Dibagi Tiga Zona dan Wajib Single Seat

Stadion Kanjuruhan dipastikan akan segera mendapat perbaikan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

PSSI
Stadion Kanjuruhan di Kepanjen Kabupaten Malang ini akan dirobohkan dan dibangun ulang. Sampai bertemu lagi di lembaran baru dan wujud stadion Kanjuruhan yang lebih baik 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Stadion Kanjuruhan dipastikan akan segera mendapat perbaikan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).


Kementerian PUPR pun terus melakukan tahapan evaluasi infrastruktur. Selain Stadion Kanjuruhan, audit juga dilakukan pada 22 stadion di Indonesia.


Dihimpun dari rilis manajemen Arema FC, Direktur Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Essy Asiah, MT telah melakukan Sosialisasi Sistem Pengamanan Kompetisi Olahraga di Jakarta pada akhir pekan lalu. 


Sosialisasi ini mengundang 18 klub Liga 1 dan dari Arema FC hadir Medical Officer, dr. Nanang Tri Wahyudi SpKO, Media Officer, Sudarmaji dan Local General Cordinator, Heru Tri Mulyono.


Menurut Essy Asiah, perbaikan terhadap Stadion Kanjuruhan sesuai dengan arahan Presiden.


Dalam hal ini Kementerian PUPR berkordinasi dengan Sport Ground Safety Authority (SGSA). 


Selain Kanjuruhan, ungkap Essy, evaluasi dilakukan di stadion yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 Tahun 2023, baik digunakan sebagai arena pertandingan maupun tempat latihan. 


“Kedua, stadion yang memiliki resiko tinggi yakni memiliki jumlah suporter atau penonton terbanyak selama pertandingan Liga 1 dan Liga 2 berlangsung, serta ketiga memiliki kapasitas besar,” ujarnya.


Essy mengatakan, dari hasil evaluasi, hal utama yang perlu diperhatikan adalah pada kawasan stadion dipastikan memiliki pembagian zonasi yang jelas.


Antara perimeter luar dan perimeter dalam yang difungsikan untuk menyaring penonton yang akan masuk ke dalam kawasan stadion. 


"Tribun penonton dipastikan memiliki zonasi kategori penonton VVIP,VIP dan Reguler dan jenis kursi yang digunakan harus berupa single seat untuk meningkatkan kenyamanan penonton,” ujarnya.


Essy memaparkan pula bahwa dalam pengaturan perimeter di setiap stadion akan diatur sistem Zona 1 yakni kawasan area di dalam stadion.


Zona 2 kawasan area penyangga atau buffer zone di mana area penonton bertiket akan masuk di stadion.


Serta Zona 3 kawasan paling luar area penonton bagi mereka yang telah bertiket dan tidak bertiket serta masyarakat umum.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved