Berita Malang Hari Ini

Unitri dan Bakesbangpol Malang Ajarkan Penguatan Nilai Pancasila Pada 40 Guru PAUD

niversitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang berkolaborasi dengan Bakesbangpol Kota Malang melakukan penguatan nilai Pancasila pada 40 guru PAUD.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Yuli A
unitri
Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang berkolaborasi dengan Bakesbangpol Kota Malang melakukan penguatan nilai-nilai pancasila pada 40 guru paud/TK/RA selama dua hari pada 28-29 November 2022 di Hotel Pelangi. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang berkolaborasi dengan Bakesbangpol Kota Malang melakukan penguatan nilai-nilai Pancasila pada 40 guru paud/TK/RA selama dua hari pada 28-29 November 2022 di Hotel Pelangi. 

Kegiatannya Sosialisasi Penguatan Wawasan Kebangsaan Organisasi Kedaerahan dan Training of trainer Penguatan Ideologi Pancasila bagi Guru Paud/TK/RA. Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhammad Fauzy Emqi SPd I MPdI menjelaskan acara itu untuk memberikan gambaran atau wawasan bagi para guru untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila.


Utamanya pada anak-anak sejak usia dini. “Selain itu juga untuk mempererat silaturahmi di kalangan sivitas akademika, alumni dan masyarakat luas dalam mempertahankan dan meningkatkan peran Unitri dalam kesinambungan ber-bhineka Tunggal Ika," katanya.


Juga memberikan keterbaruan bagi guru PAUD bahwa penanaman nilai-nilai pancasila dan moral pada anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai metode dan media. Implementasi metode pembelajaran penanaman nilai Pancasila melalui outbound serta penyampaian deklarasi yang berlangsung di Sainsteknopark Unitri.


Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra Rinawati MM menambahkan tujuan kegiatan ini memberikan penguatan wawasan kebangsaan kepada organisasi kedaerahan, memelihara rasa cinta terhadap tanah air dan rasa toleransi. Serta memberikan bekal pada guru dalam mendidik generasi penerus bangsa.


"Selain itu agar generasi muda dapat memiliki rasa cinta tanah air sesuai dengan ideologi Pancasila," kata Rinawati. Ia menjelaskan adanya kegiatan ini karena kerjasama antara Pemkot Malang dengan Unitri yang didasari dari Peraturan Presiden No. 80 Tahun 2017.


Yaitu tentang penguatan pendidikan karakter dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan pembangunan kebangsaan, serta Permendagri No.71 Tahun 2012 tentang pedoman pendidikan wawasan kebangsaan. Kegiatan hari pertama dihadiri Sutiaji, Walikota Malang dan para pejabat Unitri. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved