Berita Batu Hari Ini

Inilah Kriteria Ideal Sosok PJ Wali Kota Batu Menurut Dewanti Rumpoko

DPRD Kota Batu telah menetapkan tiga nama calon pejabat (PJ) Wali Kota Batu dalam Rapat Paripurna Usulan Nama Calon Pejabat Wali Kota Batu

Penulis: Dya Ayu | Editor: rahadian bagus priambodo
suryamalang.com/myu
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat diwawancara terkait calon pejabat (PJ) Wali Kota Batu usai Rapat Paripurna Usulan Nama Calon Pejabat Wali Kota Batu, Kamis (17/11/2022) lalu. 

SURYAMALANG.COM|BATU - DPRD Kota Batu telah menetapkan tiga nama calon pejabat (PJ) Wali Kota Batu dalam Rapat Paripurna Usulan Nama Calon Pejabat Wali Kota Batu, Kamis (17/11/2022) lalu.

Tiga nama yang telah diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu ialah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jatim, Hudiyono, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, dan Zadim Efisiensi, Sekda Kota Batu. Nantinya salah satu dari ketiganya akan memimpin Kota Batu hingga Pilwali tahun 2024 mendatang.

Bicara soal sosok ideal yang nantinya memangku jabatan PJ Wali Kota Batu DPRD Kota Batu saat dirinya mengakhiri masa jabatan pada 27 Desember 2022 mendatang, Wali Kota Batu Dewanti menilai sosok itu harus yang sudah mengerti Kota Batu.

Tak lain tak bukan, arah sosok kriteria ideal yang dimaksud Dewanti dan juga yang menjadi ‘jagoan’nya ialah Zadim Efisiensi. Pasalnya dari ketiga calon ini, Zadim satu-satunya pejabat internal Pemkot Batu.

“Soal PJ itu sebenarnya kami dari Pemkot Batu sama sekali tidak memiliki hak untuk mencalonkan karena regulasinya dari Kemendagri yang mencalonkan itu DPRD dan alhamdulillah DPRD sudah mencalonkan tiga nama. Sekarang tinggal kita menunggu keputusan Kemendagri, yang pasti akan ada tahapan seleksi baik administrasi maupun pengalaman organisasi,” kata Dewanti Rumpoko, Selasa (29/11/2022).

Bukan tanpa alasan Dewanti menyebutkan kriteria ideal PJ terpilih merupakan orang yang sudah paham seluk beluk Kota Batu, menurutnya itu penting karena berkaitan dengan kelanjutan program yang sudah ia jalankan saat ini.

“Jadi saya berharap pada saat dipilih itu nantinya orang yang betul mengenal Kota Batu, yang sudah tahu situasi Kota Batu dengan program yang ada di pemerintahan Kota Batu sehingga ini terus berkesinambungan pembangunanya. Siapapun orangnya saya berharap seperti itu,” ujarnya.

Lebih lanjut ia tak menampik jika dari ketiga calon PJ ini yang dapat terpilih ialah Zadim Efisiensi yang merupakan bawahannya saat ini atau berasal dari internal Pemkot Batu.

“Kalau soal internal ataupun tidak tergantung pada pilihan Kemendagri tentang bagaimana yang bersangkutan punya pengetahuan tentang Kota Batu. Tahu soal Batu, tahu karakter masyarakat Batu, tahu situasi dan kondisi di dalam sini. Kalau soal yang menjabat di Batu memungkinan iya kemungkinan tidak. Yang milihkan Kemendagri. Tapi kalau saya, berharapnya yang terpilih orang yang sudah tahu Batu lahir dan batin,” tuturnya saat menjawab pertanyaan suryamalang.com.(myu)

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved