Berita Surabaya Hari Ini

Insiden Rasial di Surabaya Dorong Jokowi Bangun Asrama Mahasiswa Nusantara

Insiden rasial yang menimpa mahasiswa asal Papua di Surabaya mendorong Jokowi membangun Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya.

Editor: Yuli A
MOHAMMAD ZAINAL ARIF
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya di Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Selasa (29/11/2022). 

Insiden rasial yang menimpa mahasiswa asal Papua di Surabaya mendorong Jokowi membangun Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya.

Reporter: Mohammad Zainal Arif

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya, Selasa (29/11/2022).

AMN Surabaya ini diisi oleh 407 mahasiswa yang memperoleh beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selama 4 tahun dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebanyak 40 persen dari jumlah tersebut merupakan mahasiswa dari tanah Papua.

"Di sini ada mahasiswa dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote," ujar Jokowi saat memberi sambutan, Selasa (29/11/2022).

Jokowi menceritakan awal mula pembangunan AMN bermula dari usulan 61 tokoh Papua dan Papua Barat saat datang ke Istana Negara, Jakarta pada tahun 2019 silam.

Dalam pertemuan tersebut juga ditemukan mengenai banyaknya peristiwa gesekan antarmahasiswa.

“Oleh sebab itu, saat ada usulan itu, langsung saya sampaikan, saya setujui. Kita akan bangun Asrama Mahasiswa Nusantara di provinsi-provinsi, di kota-kota yang memang membutuhkan,” ujarnya.

Baca juga: Ini Antisipasi Freeport Menangkal Serangan KKB Papua yang Sudah Menewaskan Warga Selandia Baru

Presiden berharap, keberadaan asrama di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya menjadi sarana bagi para mahasiswa supaya saling mengenal kebudayaan masing-masing serta menciptakan kerukunan antarmahasiswa.

“Inilah pentingnya Asrama Mahasiswa Nusantara agar mahasiswa saling mengenal dan saling tahu adat budaya masing-masing supaya bisa rukun dan kompak," jelasnya.

"Di Asrama Mahasiswa Nusantara juga diberikan wawasan kebangsaan. Inilah tujuan utamannya,” tutupnya.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Surabaya kali ini disambut oleh ribuan orang yang menunggu di sepanjang Jl Jemur Andayani. Mulai siswa tingkatan SD, SMP, SMA, mahasiswa hingga masyarakat sekitar.

Mereka memadati jalan sejak dua jam sebelum kedatangan Presiden. Presiden sampai di AMN sejak pukul 14.30 WIB dan disambut oleh yel-yel dan tarian tradisional dari mahasiswa.

Setelah meresmikan AMN, Presiden Jokowi kemudian berkeliling melihat bangunan AMN dengan didampingi Menhan Prabowo Subianto, Menag Yaqut Cholil Qoumas, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dan masih banyak lainnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved