Berita Sidoarjo Hari Ini

Ribuan Paket Sembako untuk Korban Banjir dan Puting Beliung di Sidoarjo

PUTING BELIUNG - Melanda Desa Juwetkenongo Kecamatan Porong, Desa Ganggang Panjang Kecamatan Tanggulangin, dan Desa Sumorame Kecamatan Candi.

Penulis: M Taufik | Editor: Yuli A
m taufik
Lebih dari seribu paket sembako disiapkan Dinas Sosial Pemkab Sidoarjo untuk bantuan warga korban terdampak banjir dan angin puting beliung. Dari jumlah itu, sebagian sudah disalurkan ke warga tiga desa di tiga kecamatan yang rumahnya terdampak banjir, Selasa (29/11/2022). 

PUTING BELIUNG - Melanda Desa Juwetkenongo Kecamatan Porong, Desa Ganggang Panjang Kecamatan Tanggulangin, dan Desa Sumorame Kecamatan Candi.

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Lebih dari seribu paket sembako disiapkan Dinas Sosial Pemkab Sidoarjo untuk bantuan warga korban terdampak banjir dan angin puting beliung.

Dari jumlah itu, sebagian sudah disalurkan ke warga tiga desa di tiga kecamatan yang rumahnya terdampak banjir, Selasa (29/11/2022).

Ketiga desa itu, yakni Desa Juwetkenongo Kecamatan Porong, Desa Ganggang Panjang Kecamatan Tanggulangin, dan Desa Sumorame Kecamatan Candi.

“Jumlah bantuan sembako yang sudah dibagikan sebanyak 350 paket,” kata petugas yang menyerahkan bantuan itu.

Pendataan warga yang rumahnya terdampak banjir masih terus dilakukan Dinas Sosial bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sidoarjo dibantu Camat dan Kepala Desa.

Dari laporan yang disampaikan BPBD pasca Sidoarjo diguyur hujan yang merata pada tanggal 27 November lalu ada sejumlah desa di enam kecamatan yang kebanjiran.

Kepala Dinas Sosial Sidoarjo Ahmad Misbahul Munir menyampaikan, sampai dengan akhir tahun 2022 ini pihaknya mengalokasikan 1.500 paket bantuan sembako untuk warga terdampak banjir dan angin puting beliung. Jumlah sembako itu belum termasuk yang disalurkan sebelumnya.

"Sabtu malam kemarin, Dinsos menyalurkan bantuan sembako di Desa Sumorame, Ganggangpanjang, dan Juwetkenongo. selanjutnya kami masih terus mendata dan verifikasi warga tersampak bersama BPBD dibantu kades," ujar Misbah.

Sementara menurut Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito, penyebab banjir karena hujan intensitas ringan hingga sedang yang merata di wilayah Sidoarjo dan meningkatnya debit air dari hulu telah menyebabkan air sungai meluap dan menggenangi beberapa desa di Kecamatan Krian, Tulangan, Sidoarjo, Candi, Porong dan Tanggulangin.

"Yang terdampak yang terdata ada 8 desa di 4 kecamatan. Update sekarang sebagian besar titik lokasi banjir sudah surut, ini karena intensitas hujan sudah mulai berkurang. Sedangkan di kecamatan Krian dan Tulangan terpantau sudah surut beberapa hari yang lalu," katanya.

Upaya BPBD dalam penangulangan banjir dengan menùrunkan Tim untuk melakukan assasment di lokasi titik banjir. Setiap hari memonitoring dan mengukur ketinggian genangan air.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved