Berita Surabaya Hari Ini

90 Persen Tubuh Kakek Terbakar Meski Sembunyi di Kamar Mandi saat Api Melalap Dapur

Seorang kakek bernama Harmani umur 80 tahun bersembunyi di kamar mandi saat dapur rumahnya terbakar, Rabu (30/11/2022) sore.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Yuli A
ist
Seorang kakek bernama Harmani umur 80 tahun bersembunyi di kamar mandi saat dapur rumahnya terbakar, Rabu (30/11/2022) sore. Kebakaran itu terjadi di Jalan Banyu Urip No 10 E, Kelurahan Kupang Krajan Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya.  

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Seorang kakek bernama Harmani umur 80 tahun bersembunyi di kamar mandi saat dapur rumahnya terbakar, Rabu (30/11/2022) sore. 

Kebakaran itu terjadi di Jalan Banyu Urip No 10 E, Kelurahan Kupang Krajan Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya. 

Berdasarkan catatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya. 

Harmani mengalami luka bakar derajat 2, sekitar 90 persen, hingga membuatnya harus dirujuk oleh petugas medis yang tiba di lokasi kebakaran menggunakan mobil ambulan ke RSUD dr Soetomo Surabaya. 

Dikutip dari alodokter.com, derajat luka bakar tingkat 2 (superficial partial-thickness burn), merupakan derajat luka bakar tingkat 2 yang terjadi pada epidermis dan sebagian lapisan dermis atau lapisan kulit yang lebih dalam. 

Ciri-cirinya, kulit tampak merah, lecet, melepuh, bengkak, dan menimbulkan nyeri hebat. Luka bakar itu, diakibatkan karena kulit bersentuhan sebentar dengan benda panas.

Kepala DPKP Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan, titik awal keberadaan api berada di area dapur. Kemudian, merambat ke kamar mandi. 

Luas area yang terdampak kebakaran tersebut berukuran 4 m x 4 m. Sedangkan luas keseluruhan rumah yang ditinggali oleh Harmani, sekitar 6 m x 6 m. 

"Korban dalam kondisi tidak bisa berjalan dan ditemukan di dalam kamar mandi oleh rekan DPKP Pos Grudo lalu dievakuasi ke luar," jelas Dedik dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/11/2022). 

Dedik menambahkan, pihaknya mengerahkan 10 kendaraan pemadam kebakaran berbagai jenis untuk menangani insiden kebakaran tersebut. 

Satu Unit Tempur Pos Grudo, satu Unit Tempur Pos pakis TVRI, dua Unit Tempur Rayon 1 Pasar Turi, dan enam Unit Tim Rescue. 

Unit Pos Grudo tiba di TKK langsung melakukan pemadaman. Kemudian, api pokok padam pukul 16.50 WIB. Sedangkan, pembasahan dinyatakan selesai dan situasi kondusif pukul 17.31 WIB. 

Mengenai penyebab kebakaran. Dedik mengaku, pihaknya belum dapat memastikannya. Dan menyerahkan informasi perihal aspek tersebut kepada pihak kepolisian. 

"Penyebab kebakaran belum diketahui," pungkasnya. 

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Sawahan Polrestabes Surabaya Iptu Hafisullah Mokoginta mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan guna mengungkap penyebab pasti insiden kebakaran rumah tersebut. 

"Mohon waktu. Masih penyelidikan," ujarnya saat dikonfirmasi TribunJatim.com.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved