Berita Jember Hari Ini

Saat Ratusan Pesilat Guyup Rukun di Jember, 11 Perguruan Ikut Gerak Jalan Kreasi "Watam" 2022

Pesilat dari 11 perguruan silat guyub rukun dalam gerak jalan tradisional dengan jarak tempuh 12 Km di wilayah Kabupaten Jember, Jumat (3/12/202)

Editor: Dyan Rekohadi
TribunJatim-Timur.com/Imam Nawawi
Peserta Gerak Jalan Watam, Jember Jawa Timur dari unsur perguruan silat, Sabtu (3/12/2022) 

Penuis : Imam Nawawi

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Gerak Jalan Kreasi Watu Ulo -Ambulu (Watam) Jember, Jawa Timur rupanya bukan hanya sekedar kegiatan formal tahunan, tetapi juga menjadi ajang kebersamaan dari seluruh elemen masyarakat. 

Terlihat dalam gerak jalan tradisional dengan jarak tempuh 12 Kilometer ini, dikuti oleh 11 perguruan silat di wilayah Kabupaten Jember, Jumat (3/12/2022) siang. 

Kapolsek Ambulu, AKP Ma'aruf mengatakan 11 organisasi silat ini, sengaja diundang supaya bisa guyup rukun, supaya tidak ada lagi perselisihan antar pendekar. 

"Jadi kita sama-sama mengamankan gerak jalan tradisional atam ini. Jadi seluruh perguruan di kecamatan Ambulu ada 11 dan semuanya ikut," ujarnya. 

Ma'aruf juga berencana akan selalu melibatkan seluruh organisasi silat, dalam setiap even besar apapun yang ada di kecamatan Ambulu. 

"Jadi demi keamanan dan ketertiban, semua perguruan akan kita ikutkan dalam setiap kegiatan, khususnya di wilayah Ambulu," umbuhnya. 

Menanggapi fenomena ini, Bupati Jember Hendy Siswanto merasa bangga adanya Watam tersebut, karena gerak jalan ini bisa menyatukan seluruh organisasi masyarakat. 

"Dan ini juga ada teman-taman dari beberapa perguruan silat bersatu , luar biasa sekali. Jadi sehatnya dapat, silaturohminya dapat," tuturnya. 

Hendy berjanji akan menjadikan Watam ini, masuk kalender kegiatan tahunan pemerintah kabupaten Jember, seperti jalan sehat lainnya. 

"Seperti Tajemtra, sehingga pemerintah juga bisa memberikan anggaran untuk kegiatan Watam,"pungkasnya.


Ada sekitar 122 pesilat yang terdiri dari 12 perguruan yang mengikuti kegiatan Watam 2022, di antaranya sebagai berikut:
1.Tapak Suci ada 11 orang
2.Persaudaran Setia Hati Teratai (PSHT) 11 orang 
3. Tjimande 11 orang
4.Garuda Putih 11 orang 
5.Gerakan Aksi Silat Muslim Indonesia (GASMI) 11 orang 
6.Cipta Sejati 11 orang 
7. Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) 11 orang 
8.Pagar Nusa 11 orang
9. Dob Penaga 11 orang 
10.Persinas Asad 11 orang 
11.Pertasi 11 orang

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved