Berita Kota Batu Hari Ini

Kota Batu Punya Wisata Zero Waste Education Park

Kota Batu juga memiliki Eduwisata pengelolaan sampah yang diberi nama Zero Waste Education Park.

Penulis: Dya Ayu | Editor: Yuli A
humas
Pekerja sedang mengelola sampah di TPA Tlekung, Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Eduwisata di Kota Batu saat ini sudah bertambah banyak dan beragam.

 


Selain ada Eduwisata satwa, Eduwisata herbal, Eduwisata Susu dan Eduwisata pertanian, kini Kota Batu juga memiliki Eduwisata pengelolaan sampah yang diberi nama Zero Waste Education Park.

 


Wisata yang baru diresmikan akhir bulan lalu itu bertempat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung Junrejo Kota Batu.

 


Dengan dibangunnya Zero Waste Education Park, TPA Tlekung kini tidak hanya sebagai tempat penanganan sampah saja. Namun juga tempat edukasi bagi masyarakat yang bisa memberi pemahaman terhadap pengelolaan sampah dan mendorong untuk bertanggung jawab pada sampah yang dihasilkan masyarakat.

 


“TPA Tlekung setiap hari mengelola 120 ton sampah dari seluruh Kota Batu. Dengan prasarana dan sarana yang ada, penanganan sampah Kota Batu sudah sampai 86 persen dari 70 persen target nasional,” kata Wali Kota Batu, Dewanti, Minggu (4/12/2022).

 


Ada 9 wahana yang ada di Zero Waste Education. Kesembilan wahana itu ialah Eduwisata Energi Sampah terbarukan, Eduwisata Magot, Eduwisata Komposting, Eduwisata Mesin Pirolysis, Eduwisata Taman edukasi, Eduwisata Pengelolaan Air Lindi, Eduwisata Sel Sampah, Eduwisata Digitalisasi Sampah dan Eduwisata Hutan Pinus.

 


Lebih lanjut Dewanti menambahkan, sebelumnya TPA Tlekung telah bekerjasama dengan PT Arta Asia Putra pada 2021 dalam usaha penanganan sampah dan menggunakan mesin pyrolisis buatan anak negeri.

 


“Dengan kerjasama tersebut diharapkan kolaborasi saling menguntungkan, sehingga tidak hanya menangani sampah namun juga menghasilkan produk yang bernilai ekonomi,” ujarnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved