Berita Malang Hari Ini

Jalan di Kayutangan, Malang Akan Dibuat Searah, Bagaimana Pendapat Anda?

#MALANG - Dinas Perhubungan galau. Maunya menerapkan lalu lintas searah di Kayutangan. Tapi, banyak pertimbangan. Bagaimana pendapat anda?

Penulis: Benni Indo | Editor: Yuli A
beni indo
Kawasan wisata heritage Kota Malang, Kajoe Tangan. Saat ini, arus lalu lintas di kawasan ini berlangsung dua arah. Pemkot Malang berencana mengubahnya menjadi satu arah. 

#MALANG - Dinas Perhubungan galau. Maunya menerapkan lalu lintas searah di Kayutangan. Tapi, banyak pertimbangan. Bagaimana pendapat anda?

SURYAMALANG.COM, MALANG - Jalur di kawasan wisata Kajoe Tangan direncanakan berubah menjadi satu arah. Dinas Perhubungan Kota Malang tengah mengkaji rencana tersebut dalam Forum Lalu Lintas Kota Malang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Widjaja Saleh Putra menyatakan, arus satu arah dinilai lebih aman dan nyaman untuk pengendara. Arus lalu lintas di kawasan tersebut juga diprediksi akan lebih mudah diatur. Saat ini kondisi jalan di kawasan Kajoe Tangan atau Jl Jenderal Basuki Rahmat masih menerapkan sistem dua arah. 

"Belum kami putuskan apakah nanti akan menggunakan satu arah ataupun tetap dua arah. Semua akan diperhitungkan secara teknis, bersama-sama dengan tim ahli yang masuk pada forum," kata Widjaja. 

Rencananya, pembahasan tentang arus satu arah ini akan dibahas terlebih dahulu secara internal pekan depan. Setelah itu, dipaparkan di forum. Meskipun rencana satu arah dibahas, namun skema dua arah juga tetap dipertimbangkan.

"Kami rapatkan secara internal dulu pekan depan. Setelah itu rapat forum yang lebih besar lagi. Itu ada beberapa skema, ada satu arah dan tetap dua arah. Masing-masing skema mempertimbangkan mana yang terbaik nanti," katanya. 

Dishub Kota Malang melihat jalan satu arah bis mengurai kemacetan. Berkaca pada sejumlah titik di Kota Malang yang sering macet, kebanyakan adalah kawasan dua arah seperti di daerah Sumbersari dan Jl. MT Haryono.

"Sebagaimana contoh dua arah itu rata-rata macet, namun itu bukan suatu prioritas terlebih dahulu, kami akan tinjau lagi nanti," katanya.

Sosialisasi dan edukasi mengenai perubahan arus lalu lintas harus dilakukan. Pemkot Malang harus bisa memberikan penjelasan jika memang nantinya satu arah diberlakukan. Kata Djaja, kendaraan di Kota Malang saat ini semakin ramai sehingga dibutuhkan skema rekayasa lalu lintas yang efektif.

"Kota semakin besar, semakin ramai, jadi jangan 'alergi' dengan satu arah, karena itu suatu kebutuhan. Jalanan semakin padat, apakah harus dipaksakan dua arah terus ?" katanya. 

Pemkot Malang tengah merenovasi kawasan Kajoe Tangan. Kawasan ini disiapkan untuk menjadi pusat wisata di tengah kota.
Pemkot Malang telah melakukan pelebaran pedestrian di kawasan Kayutangan Heritage beberapa waktu lalu. 

Saat ini kawasan Kayutangan Heritage kerap kali menjadi tempat bersantai bagi muda mudi dan wisatawan. Sehingga terkadang terjadi kepadatan arus kendaraan yang lewat. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved