Berita Kota Batu Hari Ini

Cegah dan Tindak Pelanggar Saat Pemilu 2024, Bawaslu Kota Batu Bentuk Sentra Gakkumd

Sentra Gakkumdu merupakan singkatan dari Penegakan Hukum Terpadu. Di dalamnya terdiri dari Bawaslu, Kota Batu, Polres Batu dan juga Kejari Batu.

Penulis: Dya Ayu | Editor: Yuli A
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Komisioner KPU Kota Batu, Bawaslu Kota Batu berdialog dengan pengurus partai 

SURYAMALANG.COM, BATU - Untuk mencegah dan menindak pelanggaran pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang, Bawaslu Kota Batu membentuk Sentra Gakkumdu.

 


Sentra Gakkumdu merupakan singkatan dari Penegakan Hukum Terpadu. Di dalamnya terdiri dari Bawaslu, Kota Batu, Polres Batu dan juga Kejari Batu.

 


“Jadi fungsinya untuk menindak pelanggaran pidana yang nanti akan muncul ketika ada tahapan Pemilu. Jadi ketika ada kejadian itu nanti akan kami kaji di lingkup Sentra Gakkumdu, sehingga nanti bisa diputuskan apakah memenuhi unsur pidana atau tidak,” kata Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman, Kamis (8/12/2022).

 


Abdul Rochman kemudian menjabarkan pelanggaran-pelanggaran yang kerap terjadi ketika Pemilu, diantaranya perobekan alat peraga kampanye, kampanye di tempat ibadah dan money politic.

 


“Ini sesuai dengan peraturan Bawaslu yang memang dibuat regulasi cantolan hukum, sehingga bisa menindak pelanggaran itu jika terjadi. Semua sudah kami siapkan baik dari unsur penyidik, hingga penuntut di Kejaksaan,” ujarnya.

 


Pihaknya berharap nantinya masyarakat dapat ikut serta membantu kerja Sentra Gakkumdu ketika melihat ada pelanggaran saat Pemilu.

 


“Penegakan hukum kami ada dua pintu, pertama laporan masyarakat dan kedua adalah berangkat dari temuan pengawas kami (tangkap tangan),” 

 


Sementara itu Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso berharap dengan adanya Sentra Gakkumdu tak ada pelanggaran saat Pemilu.

 


“Dengan adanya Sentra ini diharapkan pelanggaran pidana Pemilu bisa hilang. Tidak ada lagi nanti baliho baliho dipasang di tempat ibadah, sekolah, hingga penyampaian materi kampanye di luar batas seperti menyentuh isu sara dan lain-lain,” harap Punjul Santoso. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved