Berita Surabaya Hari Ini

Calon Anggota DPD RI dari Jawa Timur Harus Siapkan Minimal 5 Ribu Dukungan

Karena di Jawa Timur ada 38 Kabupaten/kota maka 5000 dukungan itu harus tersebar minimal di 19 Kabupaten/kota.

Editor: Yuli A
Yusron Naufal Putra
Ketua KPU Jatim Choirul Anam 

Reporter: Yusron Naufal Putra

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - KPU Jatim mulai melakukan sejumlah langkah terkait tahapan pencalonan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Jawa Timur. Rencananya, proses penyerahan dukungan dari calon peserta pemilihan DPD nantinya akan dimulai pada tanggal 16 hingga 20 Desember 2022 mendatang.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam menyatakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan sosialisasi dengan mengundang berbagai pihak terkait pencalonan DPD. Tak hanya stakeholder terkait, melainkan juga orang yang potensial maju DPD turut didatangkan melalui undangan terbuka.

"Kita undang secara terbuka melalui platform media sosial kita," kata Anam saat ditemui disela kegiatan KPU Jatim di Kota Surabaya, Jumat (9/12/2022).

KPU Jatim juga telah menetapkan minimal dukungan yang harus dikantongi kandidat yang ingin maju pencalonan DPD. Lantaran jumlah penduduk Jawa Timur lebih dari 20 juta jiwa maka syarat minimal dukungan harus terkumpul 5000 dukungan yang dibuktikan dengan KTP.

Dukungan itu juga harus tersebar di separo dari jumlah total kabupaten/kota di Jawa Timur. Karena di Jawa Timur ada 38 Kabupaten/kota maka 5000 dukungan itu harus tersebar minimal di 19 Kabupaten/kota.

Anam mengungkapkan, pihaknya saat ini masih menunggu para calon peserta meminta akun Sistem Informasi Pencalonan (Silon) ke KPU Jatim. Hal ini lantaran proses penyerahan dukungan nantinya dilakukan melalui sistem online.

"Karena untuk proses penyerahan dukungan nanti kita tidak lagi manual dengan membawa KTP ke kantor KPU Jatim. Mulai tanggal 16 Desember sudah bisa entri dokumen dukungan ke Silon DPD," jelas Anam.

"Di kantor KPU hanya penyerahan berkas personal pencalonan. Bukan berkas dukungan," tambahnya.

Menurut Anam, data hingga Jumat (9/12/2022) pagi, sudah ada sekitar 20 orang yang meminta akun Silon ke KPU Jatim. "Sebagian masih didominasi nama lama. Meskipun juga ada nama baru," lanjut Anam.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved