Berita Surabaya Hari Ini

Ibu Terbakar 80 Persen Akibat Semburan Api dari Tabung LPG 12 Kg di Surabaya

#SURABAYA - Tabung gas LPG 12 kg berwarna merah muda menyemburkan api hingga mengenai beberapa perkakas dan benda di dalam dapur.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Yuli A
ist
Satu orang mengalami bakar akibat insiden kebakaran karena kebocoran tabung gas LPG di dapur rumah Jalan dr Soetomo No 73, Tegalsari, Surabaya, Jumat (9/12/2022). 

Tabung gas LPG 12 kg berwarna merah muda menyemburkan api hingga mengenai beberapa perkakas dan benda di dalam dapur.

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Satu orang mengalami bakar akibat insiden kebakaran karena kebocoran tabung gas LPG di dapur rumah Jalan dr Soetomo No 73, Tegalsari, Surabaya, Jumat (9/12/2022).

Korban luka bernama Leni (53) mengalami luka bakar derajat dua dan tiga, dengan kategori 80 persen.

Dikutip dari alodokter.com, derajat luka bakar tingkat 3 (full thickness burn), merupakan kerusakan jaringan pada derajat luka bakar tingkat tiga mengenai seluruh lapisan epidermis dan dermis, atau lebih dalam lagi.

Kulit yang mengalami luka bakar tingkat tiga tampak putih, tetapi juga dapat terlihat hangus, kasar, dan mati rasa. Operasi atau bedah menjadi pilihan utama untuk menangani luka bakar ini.

"Penanganan korban dirujuk ke RSUD Dr Soetomo Surabaya menggunakan ambulan PMI," ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Dedik Irianto, dalam keterangan tertulisnya.

Selain korban yang mengalami luka bakar, petugas medis juga mencatat adanya korban yang mengalami syok.

Yakni, berjumlah dua orang, meliputi MN (9) dan AS (17) yang merupakan anak dari Leni. Keduanya, juga dievakuasi ke RSUD dr Soetomo Surabaya untuk memperoleh penanganan medis agar meredakan kondisi syok yang dialaminya.

Dedik menerangkan, insiden tersebut bermula saat korban sedang memasak di area dapur.

Entah apa penyebabnya, tabung gas LPG 12 kg berwarna merah muda menyemburkan api hingga mengenai beberapa perkakas dan benda di dalam dapur.

"Saat Leni memasak tiba-tiba LPG ngebros dan langsung menyambar ruang dapur, dan api merembet naik ke atap," jelasnya.

Guna menanggulangi insiden kebakaran tersebut. Dedik menambahkan, pihaknya mengerahkan 14 unit truk pemadam kebakaran berbagai jenis ke lokasi kebakaran seluas 5 m x 20 m tersebut.

Sehingga, api pokok pada kebakaran tersebut dinyatakan padam sekitar 15.00 WIB. Kemudian dilanjutkan proses pembasahan yang rampung 15.27 WIB. Dan, akhirnya insiden kebakaran tersebut dinyatakan selesai dan kondusif sekitar pukul 15.36 WIB.

"Diduga dari LPG ngebros di dapur," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved