Berita Batu Hari Ini

Kemendagri Belum Tunjuk Pj Wali Kota Batu, Zadim Jadi Plh

Pemprov Jatim menunjuk Zadim Efisiensi sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Batu.

Editor: Zainuddin
benni indo/suryamalang.com
Sekda Pemkot Batu, Zadim Efisiensi. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemprov Jatim menunjuk Zadim Efisiensi sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Batu.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan Zadim sebagai Plh Wali Kota Batu pada Senin (26/12) malam.

Pemprov menunjuk Sekda Kota Batu itu sebagai Plh Wali Kota Batu karena Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum mengeluarkan surat penetapan Penjabat (Pj) Wali Kota Batu.

Padahal masa jabatan Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu berakhir pada 27 Desember 2022.

"Akhirnya kami menyiapkan SK penunjukan Plh Wali Kota Batu," kata Jempin Marbun, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Setda Pemprov Jatim kepada SURYAMALANG.COM.

Menurutnya, penunjukan tersebut sesuai ketentuan. Sesuai aturan, Plh Wali Kota Batu akan diemban oleh Sekda Kota Batu yang saat ini dijabat oleh Zadim Efisiensi.

"SK penunjukan Plh Wali Kota Batu diserahkan pada pukul 20.00 WIB (kemarin, red.)," terangnya.

Wakil ketua DPRD Kota Batu, Nurochman menyayangkan penundaan pengumuman Pj Wali Kota Batu. Nurochman khawatir penunjukkan Plh wali kota akan berpengaruh pada pembangunan di Kota Batu.

“Kewenangan Plh terbatas. Kami khawatir Plh tidak maksimal mengambil kebijakan untuk melayani masyarakat,” kata Nurochman.

Nurochman berharap Kemendagri segera mengeluarkan keputusan penetapan Pj wali kota agar Kota Batu memiliki pemimpin yang memiliki kewenangan penuh menggantikan Dewanti Rumpoko.

"Kami tetap menunggu kepastian dari Kemendagri terkait Pj wali kota. DPRD hanya memiliki wewenang mengusulkan nama calon Pj."

Sebelumnya, ada enam calon Pj wali Kota Batu yang masuk ke Kemendagri. Enam calon Pj itu terdiri dari tiga calon pilihan DPRD Kota Batu, dan tiga calon pilihan Pemprov Jatim.

Tiga calon pilihan DPRD adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jatim, Hudiyono, Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, dan Sekda Kota Batu, Zadim Efisiensi.

Sedangkan tiga calon pilihan Pemprov adalah Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim, Aries Agung Paewai, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim, Pulung Chausar, dan Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Jatim, Indyah Aryani.(Fatimatuz Zahroh/Dya Ayu)

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved