Berita Batu Hari Ini

Tarif Retribusi Air Sektor Industri Naik 2,5 Persen pada 2023

Pada 2023 mendatang retribusi air untuk golongan niaga dan industri akan naik sebesar 2,5 persen. 

Penulis: Dya Ayu | Editor: rahadian bagus priambodo
tribun-timur
Ilustrasi - Meteran air PDAM 

SURYAMALANG.COM|BATU - Pada 2023 mendatang retribusi air untuk golongan niaga dan industri akan naik.

Menurut Direktur Perumdam Among Tirto, Edi Sunaedi kenaikan tarif mulai 2023 mendatang sebesar 2,5 persen. 

Kenaikan ini terjadi tak lepas dari banyaknya hotel dan perumahan baru di Kota Batu. Sehingga perlu adanya penyesuaian harga.

“Memang sudah waktunya untuk penyesuaian antara konsumsi air yang digunakan oleh golongan pelanggan industrial dengan retribusinya. Proyeksi kenaikan sekitar 2,5 persen,” kata Edi Sunaedi, Kamis (29/12/2022).

Edi menuturkan, kenaikan tarif 2,5 persen ini dirasa tak akan membebani para pelaku industrial karena masih dapat dijangkau. 

Saat ini, tarif air golongan pelanggan niaga dan industri terendah di angka Rp 1880 per meter kubik dan tertinggi Rp 3760 per meter kubik. Ketika nanti naik sekitar 2,5 persen, untuk terendah menjadi Rp 1927 per meter kubik dan tertinggi Rp 3854 per meter kubik. 

Meski memastikan akan menaikan tarif golongan niaga dan industri, Perumdam Among Tirto meminta agar pelanggan golongan rumah tangga untuk tak khawatir, karena tidak akan ada kenaikan.

“Saat ini golongan pelanggan rumah tangga ada empat, tahun depan kami tambah satu, jadi kami punya lima golongan rumah tangga,” jelasnya. 

Penambahan golongan pelanggan rumah tangga ini, dijelaskan Edi, harus dilakukan sebagai penyeimbang kenaikan tarif di golongan pelanggan niaga dan industri serta menambah target pelanggan di Kota Batu.

“Data tahun 2016 kami memiliki 10 ribu lebih pelanggan sedangkan pada 2022 mencapai 19.700 pelanggan," ujarnya.(myu)

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved