Berita Batu Hari Ini

Sekda Pemprov Jatim Ingin Nama Pj Wali Kota Batu Cepat Diumumkan

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Edhy Karyono ingin wali kota di Kota Batu berstatus pejabat (Pj) secepatnya.

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
ILUSTRASI - Balaikota Among Tani, Kota Batu, merupakan kompleks perkantoran Pemkot Batu, sekaligus menjadi kantor wali kota serta wakilnya. 

SURYAMALANG.COM|MALANG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Edhy Karyono ingin wali kota di Kota Batu berstatus pejabat (Pj) secepatnya.

Pasalnya, saat ini sudah berlangsung pelaksanaan anggaran berjalan.

Nama Pj wali kota di Kota Batu belum dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Pemprov Jatim telah mengusulkan sejumlah nama untuk diplih menjadi Pj wali kota di Kota Batu. 

Tidak ada yang bisa dibuat banyak oleh Pemprov Jatim. Edhy mengungkapkan pihaknya saat ini hanya bisa menunggu.

"Kami sifatnya menunggu, usulan sudah dan sedang dibahas, akan tetapi tetap menunggu SK. Ya sudah semua prosesnya, kami menunggu. Kami ingin secepatnya karen sudah diperlukan sekali di pemerintahan untuk pencairan anggaran," ujar Edhy saat berada di Kota Malang, Rabu (11/1/2022).

Ia berpendapat, untuk melaksanakan anggaran berjalan, diperlukan seorang pejabat yang memiliki legalitas kewenangan.

Kebijakan anggaran sangat erat kaitannya dengan program-program kemasyarakatan. 

"Tentu bagian melaksanakan yang paling strategis perlu kebijakan, perlu legalitas yang kuat. Seperti itu," paparnya.

Sependapat dengan Adhy, DPRD Kota Batu juga mengharapkan agar Kemendagri bisa segera menunjuk Pj wali kota.

Dalam wawancara terakhir, Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Nurochman bahkan berharap penetapan nama itu bisa diumumkan awal Januari 2023.

"Pertimbangannya sederhana saja, bahwa jangan sampai pemerintahan Kota Batu stagnan karena terbatasnya kewenangan Plh,” tambahnya.

Dewan Kota Batu mengingatkan agar tidak ada kepentingan ‘tarik menarik’ nama calon Pj Kota Batu di atas kepentingan masyarakat.

Hal ini agar proses pemilihan PJ dapat segera diputuskan, mengingat masa transisi pemerintah Kota Batu cukup panjang, sekitar dua tahun. 

"Tolong jangan korbankan masyarakat dalam menerima pelayanan pemerintah," kata Nurochman.

Nurochman juga berpesan agar Pj yang terpilih nanti mampu menjadi konduktor dalam memimpin pemerintah Kota Batu. Pj wali kota di Kota Batu harus mampu membangun komunikasi dan bersinergi dengan semua elemen.

Ada enam nama calon Pj wali kota, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jatim, Hudiyono, Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, Sekda Kota Batu, Zadim Efisiensi, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim, Aries Agung Paewai, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim, Pulung Chausar dan Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Jatim, Indyah Aryani.

Beberapa waktu lalu mantan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko memberikan bocoran tiga nama yang masuk tiga berpeluang besar terpilih yakni Aries Agung Paewai, Hudiyono dan Zadim Efisiensi.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved