Berita Malang Hari Ini

Kolonel Imam Gogor Ingatkan Babinsa Tidak Main Politik dalam Pilkades Serentak di Malang

Komandan Korem 083/Bhaladika Jaya Kolonel Inf Mohammad Imam Gogor Agnie Aditya mengingatkan kepada Babinsa untuk tidak melakukan politik praktis. 

Penulis: Lu'lu'ul Isnainiyah | Editor: Yuli A
Lu'lu'ul Isnainiyah
Komandan Korem 083/Bhaladika Jaya Kolonel Inf Mohammad Imam Gogor Agnie Aditya, Kamis (19/1/2023) 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2023 pada 7 Mei, Komandan Korem 083/Bhaladika Jaya Kolonel Inf Mohammad Imam Gogor Agnie Aditya mengingatkan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk tidak melakukan politik praktis. 

Perlu diketahui, politik praktis adalah suatu kegiatan dan aktifitas atau gerakan dari satu orang atau sekelompok orang yang dapat mempengaruhi pandangan, pendapat masyarakat tentang suatu keputusan atau kebijakan pemerintah, atau bahkan dapat merubah keputusan pemerintah.

Hal itu disampaikan Gogor saat menghadiri kunjungan kerja ke Makodim 0818 Malang/Batu di Jalan Panji, Kecamatan Kepanjen Kamis (19/1/2023).

"TNI tetap pada prinsipnya bahwa TNI tidak boleh melakukan politik praktis," ujar Gogor kepada Suryamalang.com. 

Ia menyebutkan sudah menjadi keharusan bagi TNI untuk mengetahui tentang politik. Namun anggota tidak boleh melakukan politik praktis. 

Terkait pilkades yang diselenggarakan di 56 desa di 26 kecamatan di Kabupaten Malang, Gogor mengatakan ujung tombak keterlibatan pilkades adalah Babinsa. 

"Karena yang bersentuhan secara langsung dengan masyarakat adalah Babinsa," ujarnya. 

Menurutnya, para Babinsa haru melakukan pengamanan secara profesional. 

"Jadi pada intinya saat mereka (Babinsa) melaksanakan pengamanan dia tidak boleh melakukan mempengaruhi pendapat pemilih," tuturnya.

Sementara itu, terkait anggota yang ketahuan melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan teknisnya. 

Tak hanya mengingatkan kepada Babinsa terkait politik praktik, Gogor juga berpesan kepada Babinsa untuk sering bertemu dengan masyarakat.

"Kami tekankan kepada setiap Babinsa untuk sering terjun langsung ke masyarakat, sehingga bisa memposisikan diri menjadi pemberi solusi bagi masyarakat," pungkasnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved