Berita Kediri Hari Ini

2 Rumah Jadi Arang, Termasuk Sedan dan 3 Motor, Akibat Percikan Api dari Pom Mini di Kediri

2 Rumah Jadi Arang, Termasuk Sedan dan 3 Motor, Akibat Percikan Api dari Pom Mini di Kediri

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Yuli A
didik mashudi
Dua rumah warga di Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren, Kota Kediri ludes dilahap dilahap api. Akibatnya sejumlah perabot rumah beserta isinya termasuk sebuah mobil sedan dan 3 motor hangus, Selasa (24/1/2023). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Dua rumah warga di Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren, Kota Kediri ludes dilahap dilahap api.

Akibatnya sejumlah perabot rumah beserta isinya termasuk sebuah mobil sedan dan 3 motor hangus, Selasa (24/1/2023).

Dua rumah yang hangus terbakar menimpa rumah Febi dan Sri Fatimah. Kebakaran diakibatkan percikan api yang terjadi di SPBU mini milik korban Febi.

Namun api dengan cepat merembet ke rumah Sri Fatimah yang berada tepat di sebelahnya. 

Akibat kebakaran juga menghanguskan harta bendanya termasuk 3 unit motor dan 1 unit mobil. "Alhamdulillah selain kerugian materiil tidak ada korban jiwa," ujarnya. 

Untuk meringankan korban kebakaran, Dinas Sosial Kota Kediri memberikan bantuan berupa bahan makanan, selimut, dan tenda untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar selama proses pemulihan dari musibah kebakaran.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Paulus Luhur Budiprasetya mengatakan, Dinas Sosial telah menganggarkan dan menyiapkan bantuan korban bencana, baik bencana alam ataupun bencana sosial. 

Untuk proses pengajuan bantuan, Dinas Sosial harus melakukan asesmen yang disertai surat permohonan dari pihak kelurahan.

 "Saat ini ada sekitar 50 paket bantuan untuk para korban musibah dan bencana yang memang telah kita siapkan. Jenis bantuannya juga ada beberapa, misalkan bantuan kebutuhan dasar, uang tunai dan perbaikan rumah bagi korban kebakaran seperti yang dialami kedua korban," ujarnya.

Paulus menjelaskan bantuan yang diajukan kedua korban kebakaran saat ini baru bantuan kebutuhan dasar. Sedangkan untuk bantuan uang tunai dan perbaikan rumah masih dalam proses pengurusan di Kelurahan Bawang. 

"Semoga bantuan yang diberikan dapat membantu kedua keluarga korban dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama masa pemulihan dari bencana yang dialami. Kita berupaya segera menyalurkan bantuan lainnya jika proses asesmennya telah selesai," jelasnya.

Menurut Yoyok Triantoro, Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Bencana Sosial, Dinas Sosial Kota Kediri kebakaran dipadamkan setelah dikerahkan 5 unit mobil Pemadam Kebakaran Kota Kediri.

 "Untuk sementara keluarga korban telah memiliki tempat berteduh, sembari menunggu bantuan lainnya yang sedang dalam proses," ungkapnya.

Lurah Bawang Zainal Abidin menjelaskan, surat permohonan baik bantuan uang tunai dan perbaikan rumah sudah diajukan kepada Wali Kota Kediri dan Organisasi Perangkat Daerah terkait.

 "Saya berharap permohonan bantuan yang telah kami ajukan segera di asesmen agar kedua korban bisa kembali ke rumah masing-masing," ujarnya.

Zainal berharap kedua keluarga korban sabar dan tabah menghadapi bencana yang dialami. "Kami prihatin atas musibah yang menimpa Bapak Febi dan Ibu Sri Fatimah. Insyallah kami akan siap membantu sampai bantuan untuk kedua korban tersalurkan," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved