Penjualan Mobil Meningkat, Industri Otomotif Mulai Bangkit

Tahun 2022 menjadi tahun kebangkitan industri otomotif. Toyota dan Suzuki sukses mendongkrak penjualan selama tahun 2022.

Editor: Zainuddin
kontan.co.id
Pengunjung mengamati mobil yang dipamerkan di booth Toyota Astra Motor pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD City, Tangerang. 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Tahun 2022 menjadi tahun kebangkitan industri otomotif.

Toyota dan Suzuki sukses mendongkrak penjualan selama tahun 2022.

Toyota berhasil menutup tahun 2022 dengan volume penjualan mobil sebesar 331.410 unit secara wholesales (pabrik ke dealer).

Total penjualan ini naik 12,1 persen dari capaian tahun 2021 yang berada di level 295.000 unit.

"Kami berharap tren ini terus berjalan ke arah yang positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” kata Henry Tanoto, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Selasa (24/1/2023).

Penjualan Toyota tahun 2022 masih didominasi oleh segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6 % .

Avanza, Kijang Innova, Kijang Innova Zenix, dan Rush masih menjadi pilihan utama.

Penjualan Avanza tahun 2022 mencapai 60.619 unit. Total penjualan ini meningkat 49 % dibandingkan periode yang sama tahun 2021 sebesar 40.777 unit.

Bila digabung dengan Veloz, angka penjualan Avanza dan Veloz mencapai 92.641 unit.

Kijang Innova Zenix berhasil mencatat penjualan 46.933 unit. Jika digabung, total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52 % pasar MPV nasional.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut merasakan dampak positif kebangkitan industri otomotif ini.

Total penjualan Suzuki selama tahun 2022 mencapai 89.067 unit. Dari total penjualan tersebut, New Carry, All New Ertiga, dan XL7 mendominasi sebagai kontributor utama dalam menyokong angka penjualan Suzuki selama setahun penuh.

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, penjualan secara ritel meningkat untuk ketiga unit kebanggaan Suzuki tersebut.

Bahkan, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya selama tahun 2022, New Carry mencatat penjualan tertinggi pada tahun 2022.

New Carry berhasil berkontribusi sebanyak 60 % , kemudian disusul oleh XL7 yang berkontribusi sebesar 18 % , dan All New Ertiga yang berkontribusi sebesar 12 % .

"Dengan capaian penjualan ini, kami berterima kasih kepada pelanggan yang mempercayakan mobil Suzuki untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya," ujar Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales Suzuki Indomobil Sales.

Randy mengatakan bertambahnya kebutuhan dan aktivitas serta kehadiran usaha baru di masyarakat membuat penjualan Suzuki meningkat pada tahun lalu.

Selain itu, peluncuran model mobil Suzuki baru selama tahun 2022 mampu memikat hati konsumen.

"Dua hal inilah yang menjadi penentu terpilihnya produk Suzuki sebagai teman aktivitas masyarakat sehari-hari,” terang Randy.

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved