Malang Raya

Simak, Ini Daftar Guru dan Kepala Sekolah Terbaik di Kota Malang Tahun Ini

"Untuk guru ada 10 komponen yang dinilai. Selain dari akademik hingga penghargaan empat tahun terakhir,"

Simak, Ini Daftar Guru dan Kepala Sekolah Terbaik di Kota Malang Tahun Ini
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Para guru dan kepala sekolah berprestasi Kota Malang telah diumumkan dan akan berlaga di tingkat Jawa Timur, Rabu (8/3/2017) 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Dinas Pendidikan Kota Malang pada Rabu (8/3/2017) mengumumkan pemenang guru, kepala sekolah dan pengawas terbaik tingkat kota. Mereka akan dikirim mewakili Kota Malang ke tingkat Jatim pada Mei atau Juni 2017.

Sutikno, Kepala SMPN 11 menjadi juara pertama kategori SMP. Sedang untuk kepala SD juara pertama diraih oleh Bambang Suryadi dari SDN Ketawangede 4 dan Hanik Latifah dari SDN Kauman 3. "Rasanya itu senang dan nggak senang," tutur Sutikno kepada SURYAMALANG.COM usai acara.

Masih ada tahapan lebih tinggi yang harus dicapainya yaitu di tingkat Jatim. Menurut Sutikno, dalam kompetisi tingkat kota itu ada Kepala SMPN 15 Mutmainah Amini yang pernah mengikuti lomba serupa tahun lalu.

"Kalau saya baru kali ini ikut," tambahnya.

Ia menyatakan dalam proses penilaian ia tampil apa adanya dengan mengangkat gaya kepemimpinan untuk sekolahnya.

Sutikno menyebut paparan terkait mencari solusi atas masalah yang ada di sekolahnya yang sudah berstatus SSN (Sekolah Standar Nasional) jadi salah satu kunci kemenangan. Solusi penyelesaian seperti meningkatkan kinerja dengan menerapkan gaya kepemimpinan yang membimbing, demokratis, afiliatif dan visioner. Sehingga ada capaian peningkatan kinerja.

Sedang Bambang Suryadi, juara pertama kepala SD terbaik menyatakan dalam karya tulis ilmiahnya mengangkat soal unggulan sekolah penggunaan pembangkit listrik tenaga surya sehingga bisa mengirit pengeluaran sekolah. Sekolah ini berada di antara kepadatan pemukiman warga.

Winarto, pembina guru prestasi menambahkan tahapan yang telah dilalui para pendidik cukup banyak sebelum diumumkan. Seperti penyerahan portofolio, wawancara, tes psikotes, membuat karya tulis ilmiah, presntasi dan tes tulis.

Menurut dia, untuk guru SD ada yang gugur karena portofolio dan karya tulis ilmiah. "Untuk guru ada 10 komponen yang dinilai. Selain dari akademik hingga penghargaan empat tahun terakhir," kata Winarto. Ia berharap guru-guru Kota Malang juara keempat kalinya di tingkat Jatim.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved