SuryaMalang/

Malang Raya

Aliansi Mahasiswa Papua Demo di Kota Malang : Tutup dan Usir Freeport dari Bumi Papua

"Masyarakat adat Papua Barat tidak pernah dilibatkan dalam kesepakatan itu. Padahal yang diinginkan rakyat Papua adalah menutup Freeport,"

Aliansi Mahasiswa Papua Demo di Kota Malang : Tutup dan Usir Freeport dari Bumi Papua
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Massa aksi dari Aliansi Mahasiswa Papua memegang poster dalam aksi demontrasi di Bundaran Tugu, Kota Malang, Jumat (7/4/2017). Massa aksi menuntut penutupan Freeport karena dinilai telah merampas lebih dari satu juta hektar tanah adat di Papua. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Kota Malang dan Surabaya menggelar aksi di depan Balai Kota Malang, Jumat (7/4/2017).

Aksi ini merupakan aksi kesekian kalinya yang digelar AMP.

Puluhan demonstran ini kembali menyuarakan sejumlah tuntutan, antara lain tentang penutupan Freeport dan pengusiran perusahaan tambang emas itu dari bumi Papua.

Menurut koordinator aksi Jhons Raffael Giyai, pemerintah tidak pernah melibatkan masyarakat Papua Barat terkait kesepakatan yang dibuat tentang divestasi saham 51 persen.

"Masyarakat adat Papua Barat tidak pernah dilibatkan dalam kesepakatan itu. Padahal yang diinginkan rakyat Papua adalah menutup Freeport," tegas Jhons.

Alasan penutupan karena tambang itu telah merampas tanah adat rakyat Papua Barat.

Tuntutan lain yang disuarakan adalah audit kekayaan Freeport dan pengembalian kawasan itu kepada rakyat Papua dan adanya pesangon untuk buruh.

Mereka juga kembali menyerukan tuntutan kebebasan untuk Papua Barat.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help