Surabaya

Ngeri! 5 Pelajar Surabaya Terjebak 30 Menit dalam Lift Jembatan Penyeberangan

Petugas Satpol melepas atap lift dan menarik para korban. Salah satu Satpol turun ke dalam lift untuk dijadikan tumpuan naik.

Ngeri! 5 Pelajar Surabaya Terjebak 30 Menit dalam Lift Jembatan Penyeberangan - lift-macet-di-jembatan-penyeberangan-jl-basuki-rahmad-surabaya_20180518_211419.jpg
nuraini faiq
Petugas saat mengevakuasi orang-orang dalam lift macet di jembatan penyeberangan Jl Basuki Rahmad, Surabaya, Jumat (18/5/2018). 
Ngeri! 5 Pelajar Surabaya Terjebak 30 Menit dalam Lift Jembatan Penyeberangan - suasana-ketika-5-pelajar-terjebak-dalam-lift-macet-d_20180518_211834.jpg
nuraini faiq
Suasana ketika 5 pelajar terjebak dalam lift macet di jembatan penyeberangan Jl Basuki Rahmad, Surabaya, Jumat (18/5/2018). 
Ngeri! 5 Pelajar Surabaya Terjebak 30 Menit dalam Lift Jembatan Penyeberangan - suasana-ketika-5-pelajar-terjebak-dalam-lift-macet-di-jembatan-pe_20180518_211915.jpg
nuraini faiq
Suasana ketika 5 pelajar terjebak dalam lift macet di jembatan penyeberangan Jl Basuki Rahmad, Surabaya, Jumat (18/5/2018). 
Ngeri! 5 Pelajar Surabaya Terjebak 30 Menit dalam Lift Jembatan Penyeberangan - jembatan-penyeberangan-jl-basuki-rahmad-surabaya_20180518_212257.jpg
nuraini faiq
Suasana ketika 5 pelajar terjebak dalam lift macet di jembatan penyeberangan Jl Basuki Rahmad, Surabaya, Jumat (18/5/2018). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Panik dan tegang saat lima pelajar terjebak dalam lift jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jl Basuki Rahmat (Basra) Surabaya, Jumat (18/5/2018).

Tiba-tiba, lift yang sebenarnya diperuntukkan untuk para penyadang disablitas ini macet. 

Akibatnya, lima pelajar dari SMA St Louis itu tak bisa berbuat apa-apa. "Saya takut karena dari lantai dua baru turun sekejap macet. Kami panik di dalam," ucap Sabastian, salah satu penumpang lift

Macetnya lift ini terjadi saat keempat rekan Sabastian baru saja dari restoran makanan cepat saji di sisi timur Jl Basra. Karena hendak menyeberang ke arah Tunjungan Plaza, mereka pun naik dan menyebrang. 

Saat sampai di ujung JPO sisi barat, Sabastian dkk hendak turun melalui lift. Namun naas bagi mereka, setelah kelimanya masuk tiba-tiba lift malah nyantol. Lift berada di tengah antara lantai satu dan dua.

Sabastian sebenarnya sudah berusaha menghuhungi command center 112. Namun entah kenapa panggilan darurat ini tak bisa dihubungi.

Beruntung, ada petugas Linmas yang setiap saat berjaga di JPO itu. Dari balik kaca lift, mereka menggunakan kode minta tolong. Para pelajar itu terjebak di lift

Kejadiannya sekitar pukul 14.00. Menurut Sabastian, mereka sudah lebih dari setengah jam terjebak di dalam lift besi itu. "Sumuk dan menegangkan," tambah teman Sabastian. 

Petugas Linmas yang mengatahui lift menggantung tidak bisa turun dan banyaknya kerumunan warga, dia langsung menghubungi petugas.

Dalam sekejap, petugas dari polisi, Saptol PP, mekanik lift, Linmas, dan PMI menuju lokasi macetnya lift. Mereka mendapati lima pelajar terjebak di dalamnya. 

Para petugas sempat panik karena tidak pengalaman menangani lift macet. Namun petugaa mekanik ada yang berpengalaman hingga akhirnya semua korban bisa dikeluarkan. 

Mereka diselamatkan dengan cara dievakuasi dari atap lift. Salah satu petugas Satpol melepas atap lift dan menarik para korban. Salah satu Satpol turun ke dalam lift untuk dijadikan tumpuan naik. 

Sabastian bersama rekannya sempat pucat karena tegang dan panik di dalam lift. Begitu berhasil dikeluarkan, mereka histeris lega.

"Proses evakuasi cepat, kok. Semua aman," kata Iptu Zainal Abidin, polisi dari Polsek Tegalsari. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help