Yogyakarta

VIDEO - Vlog Erix Soekamti saat Belajar Terbang sebelum Tadi Pesawatnya Jatuh

Pesawat Microlight tipe Sky Ranger PK S160 yang ditumpangi musisi Erix Soekamti jatuh di pekarangan rumah warga.

SURYAMALANG.COM, YOGYAKARTA - Pesawat Microlight tipe Sky Ranger PK S160 yang ditumpangi musisi Erix Soekamti jatuh di pekarangan rumah warga di Dusun Gading 1, RT 12, RW 01, Gading, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta, Selasa (4/9/2018) petang.

"Yang di pesawat saudara Faslan sebagai pilot dan Erix sebagai kopilot," ujar Ketua Jogja Flying Club, Tjandra Agus Budiman dalam jumpa pers di Ruang Pentak TNI AU, Selasa (4/9/2018). Tjandra menjelaskan, sebelum terbang untuk latihan rutin, pilot dan kopilot melakukan briefing.

Selain itu, keduanya juga melakukan cek medis. Tak hanya itu, sebelum terbang, seluruh komponen pesawat juga diperiksa. Dari hasil pemeriksaan, pesawat dinyatakan layak terbang.

"Setelah pesawat dinyatakan layak terbang, pilot memutuskan untuk memulai latihan," tegasnya.

Latihan lanjutnya dilakukan di area Selatan tepatnya di landasan udara Gading Gunung Kidul. Pada saat pesawat berada di ketinggian 5.000 kaki, pesawat mengalami masalah. "Di ketinggian 5.000 feet terjadi engine fail," bebernya.

Pilot, lanjutnya, memutuskan untuk tidak kembali ke Adisutjipto karena latihan berada di atas landasan udara Gading. Di bawah lokasi latihan juga terdapat landasan, sehingga pilot berusaha untuk mendarat di Gading.

"Terjadi engine fail, pukul 16.00 WIB pilot declare 'mayday-mayday'. Pilot berusaha masuk landasan, tetapi tidak bisa," jelasnya. Menurutnya, karena pesawat tidak bisa masuk ke landasan udara Gading, pilot lantas mencari lokasi mendarat sesuai dengan prosedur.

Sesuai prosedur, saat tidak sampai di landasan lanjutnya pilot harus harus mendaratkan pesawat di lokasi yang paling aman, tidak menimbulkan korban di bawah, tidak di perumahan serta juga bisa menyelamatkan pilot dan kopilot. Posisi pendaratan, lanjutnya, berada dekat final runaway 10 Gading.

Tepatnya di salah satu kebun milik warga di Dusun Gading 1, RT 12, RW 01, Gading, Playen. Sebab, menurut pilot lokasi itulah yang paling aman untuk mendarat. "Puji Tuhan aman semuanya, pilot dan kopilot dalam keadaan baik. Namun memang pesawat mengalami kerusakan, untuk penyebab engine fail masih dalam investigasi," urainya. kompas.com

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved