Malang Raya

Pelajar Indonesia Diharapkan Jumlahnya Makin Banyak yang Kuliah di Amerika Serikat

Jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Amerika Serikat (AS) mencapai 9000-an orang yang menyelesaikan S1 dan S2.

Pelajar Indonesia Diharapkan Jumlahnya Makin Banyak yang Kuliah di Amerika Serikat
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Suasana pameran pendidikan Amerika Serikat di UMM Dome, Kamis (13/9/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Amerika Serikat (AS) mencapai 9000-an orang yang menyelesaikan S1 dan S2. Diharapkan terus meningkat karena banyak perguruan tinggi berkualitas di sana.

Di AS ada sekitar 4000 an perguruan tinggi negeri dan swasta. "Mungkin bisa meningkat 20.000 an," ungkap Christine Getzler Vaughan, Kabag Humas Konsulat Jenderal AS di Surabaya pada SURYAMALANG.COM, Kamis (13/9/2018) di sela pameran pendidikan AS di UMM Dome.

Terbanyak mahasiswa internasional di AS dari China sebanyak 100.000 orang.
Konsul Jenderal AS untuk Indonesia Timur Mark McGovern membuka secara resmi pameran pendidikan EducationUSA tahun ke-4 di Malang.

"Ini tahun pertama saya membukanya karena saya baru," jelas McGovern pada wartawan. Katanya, pameran tak sekedar menjaring calon mahasiswa, namun juga bisa memberikan informasi mengenai perguruan tinggi di AS.

"Banyak juga mahasiswa Indonesia kuliah di AS karena mendapat beasiswa dari pemerintah Indonesia," jelas dia.

Katanya, memilih pameran di Malang karena banyak perguruan tingginya.

Sehingga mungkin bermanfaat buat mahasiswa atau perguruan tinggi lainnya. Selain pameran, juga diselenggarakan seminar.

"Setidaknya, lewat pameran ini bisa memberi gambaran bagaimana perguruan tinggi, pilihan program studinya di AS," jelas McGovern didampingi Wakil Rektor I UMM, Prof Dr Syamsul Arifin MSi.

Angela Eki Naginta, mahasiswa Fisip Universitas Brawijaya Malang yang tertarik datang ke pameran itu. Ia juga telah mengikuti seminar pendidikan. "Saya ingin meneruskan S2 bidang advertising," jelas Angela.

Ia sudah mencari infomasi di booth pameran agar lebih mengenali produknya. Ada beberapa perguruan tinggi yang menarik perhatiannya meski belum memutuskan yang mana. Alasan ingin S2 ke luar negeri karena ingin mendapat pengalaman yang beda.

"Sama seperti saya putuskan kuliah di Malang meski di Bogor, kota saya juga banyak perguruan tinggi," papar cewek berkacamata ini. Nilai plus ini yang ia kejar secara individu. WR 1 UMM menyatakan pameran tak hanya bermanfaat pada mahasiswa tapi juga dosen.

Chtistina, Business and Education Partnership, Asia untuk The University of Rhode Island menyatakan jumlah mahasiswa Indonesia lumayan banyak di PTN ini. "Ada juga pegawai KKP (Kementrian Kelautan dan Perikanan) yang kuliah dengan beasiswa di sini," jelas Christina.

Namun jika membayar mandiri, mahasiswa umumnya memilih kuliah di bisnis atau teknik. "Kalau beasiswa, pilihannya ya tergantung kementriannya. Misalkan kemenkes, ya pilih nursing," jawab Christina.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help