Travelling

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Pemkot Batu Akan Realisasikan Kalender Even

Kota Batu masih belum memiliki kalender even khusus. Padahal Kota Batu setiap tahunnya selalu mengadakan agenda khusus dan rutin

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Pemkot Batu Akan Realisasikan Kalender Even
sany eka putri
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Kota Batu masih belum memiliki kalender even khusus. Padahal Kota Batu setiap tahunnya selalu mengadakan agenda khusus dan rutin.

Beberapa wisatawan pun kebanyakan menandai kalender pribadi agar tidak ketinggalan kegiatan yang ada di Kota Batu. Oleh karena itu, tahun 2019 nanti Pemkot Batu merealisasikan pencantuman even di kalender.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan mulai saat ini dinas terkait yakni Dinas Pariwisata mulai menyusun kegiatan yang rutin diadakan di Kota Batu mulai dari bulan Februari, Maret, Mei, Juni, Oktober, dan November.

"Selama enam bulan itu di Kota Batu memang banyak sekali agenda. Dan biasanya Pemkot Batu memang mengumumkan agenda minimal satu minggu atau bahkan satu hari sebelum acara.

"Tahun ini sudah mulai kami rancang, sehingga tahun depan setiap agenda di Kota Batu sudah tercantum di kalender, agar wisatawan tidak lagi melewatkan agenda di Kota Batu," kata Dewanti, Minggu (23/9/2018).

Tentunya ia sangat berharap dengan adanya kalender even ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Batu. Terlebih  bagi wisatawan mancanegara. Namun Dewanti juga menegaskan jika nantinya setiap kegiatan sudah ditampilkan di kalender, maka setiap instansi yang berkaitan harus betul-betul siap mengadakan.

"Kemungkinan dibatalkannya suatu acara itu sedikit, makanya mulai dari desa, kelurahan, kecamatan, harus siap dan betul-betul dipersiapkan kegiatannya. Nantinya kami juga akan menggandeng Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, serta pelaku usaha swasta di Kota Batu," ucap ibu tiga orang anak itu.

Tujuannya, lanjut Dewanti untuk menentukan jadwal pasti kegiatan-kegiatan yang akan digelar pada 2019 mendatang. Karena sejauh ini yang paling banyak mengadakan kegiatan selain Pemkot Batu ialah di setiap desa dan kelurahan di Kota Batu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono menambahkan kalaupun ada kegiatan yang bersamaan, diusahakan agar tidak berbarengan. Agar kumpulan massa tidak terpecah dan fokus pada satu acara.

"Kalaupun acara A dan acara B misalnya sudah setiap tahun diadakan rutin dihari itu, maka kami cari jalan keluarnya. Semisal kami mengadakan paket acara, makanya kami kumpulkan dulu semua pelaku usaha. Mengondisikan setiap kegiatan," ujar Imam.

Tidak hanya itu, nantinya juga bakal mengemas paket wisata melalui kalender even. Selain agar wisatawan mengetahui agenda-agenda besar yang dimiliki Kota Batu, Pemkot Batu juga menyediakan paket wisata.

Dengan demikian, yang disusun bukan hanya kalender event Kota Batu, melainkan juga mengemas menjadi sebuah paket wisata agar wisatawan bisa betah di Kota Batu selama beberapa hari. Ia menyebutkan paket wisata ini bisa berupa wisata buatan, alam, kesenian, kebudayaan, penginapan, dan sebagainya.

"Kami mengakui memang untuk mengemas paket wisata itu masih kurang. Makanya di tahun 2019 nanti kami gencarkan. Lebih kami promosikan setiap kegiatan di Kota Batu," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, di Kota Batu ada beberapa agenda besar yang rutin diadakan setiap tahunnya. Di bulan Oktober ada Festival Kampung Tani, bulan Agustus selalu mengadakan event Seni Gantengan.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help