Mojokerto

Saat ini Ada 179 Bank Sampah di 18 Kelurahan Kota Mojokerto

Belum lagi, ada undian umrah setiap tahunnya bagi warga yang membayar pajak dengan sampah dan tepat waktu.

Saat ini Ada 179 Bank Sampah di 18 Kelurahan Kota Mojokerto
danendra kusuma
Sisprihatin Edy (kiri) sedang memilah dan memotong sampah botol plastik di Bank Sampah 'Setunggal' lingkungan Balongcok, Balongsari, Magersari, Kota Mojokerto, Kamis (11/10/2018). 

SURYAMALANG.COM, MOJOKERTO - Terkait Program Bapak Samerto Lucky Hariyanti Kabid PPLH (Penataan dan Pentaataan Lingkungan Hidup) DLH Kota Mojokerto mengatakan, supaya seluruh warga Kota Mojokerto dapat menikmati program ini pihaknya terus mensosialisasikan untuk membuat bank sampah di setiap lingkungan. Saat ini sudah ada ratusan bank sampah tersebar di 18 kelurahan Kota Mojokerto.

Ia menjelaskan, warga kota Mojokerto hanya mengumpulkan sampah, yang bertugas menjual sampah-sampah itu adalah petugas bank sampah induk. Hasil dari penjualan itulah yang nantinya digunakan untuk membayar pajak bumi dan bangunan.

"Petugas Bank sampah induk akan mengangkut sampah-sampah yang berada di bank sampah RW. Bank sampah induk sudah bekerjasama dengan pembeli (pengepul sampah)," jelasnya.

Program Bapak Samerto sudah berjalan dua tahun, antusias warga menurutnya semakin besar. Belum lagi, ada undian umrah setiap tahunnya bagi warga yang membayar pajak dengan sampah dan tepat waktu. Sehingga, Mereka semakin terpacu.

"Program ini tujuannya untuk meringankan beban warga khususnya dalam membayar pajak PBB. Para warga sangat antusias menyambut program ini. mereka juga semakin giat mengumpulkan sampah serta sadar akan kebersihan lingkungan. Kota Mojokerto menjadi bersih," paparnya.

Antusias warga menyambut program Bapak Samerto dibuktikan dengan bertambahnya bank sampah serta berat sampah yang dikumpulkan warga. Ditektur Bank Sampah Induk Ani Riani menyebutkan, saat ini ada 179 bank sampah tingkat RW.

"Tahun 2014 ada 7 bank sampah, Tahun 2015 ada 23 bank sampah, Tahun 2016 50 bank sampah, Tahun 2017 100 bank sampah dan Tahun 2018 tercatat ada 179 bank sampah. Perbulannya kami menerima 15 ton sampah dari 179 bank sampah. Sebelumnya, dibawah 10 ton. Penjualannya sebulan sekitar Rp 25 juta," pungkasnya. 

Penulis: Danendra Kusuma
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help