Travelling

Kampung Wisata Topeng di Kota Malang Mulai Sepi Pengunjung

Kampung Wisata Topeng di Desaku Menanti, Kedungkandang, Kota Malang mulai sepi pengunjung atau wisatawan

Kampung Wisata Topeng di Kota Malang Mulai Sepi Pengunjung
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Kampung Wisata Topeng di Desaku Menanti, Kedungkandang, Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG - Kampung Wisata Topeng di Desaku Menanti, Kedungkandang, Kota Malang mulai sepi pengunjung atau wisatawan. Hal itu diungkapkan Kartini, seorang warga yang tinggal di Kampung Wisata Menanti.

Kartini yang sehari-hari berjualan bakso menjelaskan, kondisi sepinya pengunjung sudah terasa sejak pertengahan tahun 2018. Hingga kini kondisi itu terus dirasakan.

Kartini dahulu berjualan bakso di warung yang telah disediakan. Namun kini ia berpindah tempat jualan ke depan rumahnya. Alasannya, agar warungnya lebih dekat dengan rumah.

"Dulu sehari bisa Rp 80 ribu. Sekarang, hanya sekitar Rp 20 ribu," keluhnya.

Kartini tidak tahu pasti penyebab menurunnya jumlah wisatawan. Ia menduga, wisatawan berkurang karena pilihan wahana di Wisata Kampung Topeng tidak beragam.

Menurutnya, perlu ada wahana baru agar minat wisatawan tinggi ke tempat itu. Dicontohkan Kartini, seperti penyediaan wahana kolam renang.

"Ketika awal buka, ada ratusan yang datang di akhir pekan. Sekarang, tiga puluhan orang saja sudah ramai," katanya, Rabu (17/10/2018).

Kartini sendiri mengaku dilema karena ia juga tidak bisa lagi turun ke jalanan. Di satu sisi, dengan pendapatan hanya sekitar Rp 20 per hari, masih belum cukup untuk membiayai kehidupannya bersama tiga orang anaknya.

"Suami saya sudah meninggal. Jadi sekarang saya yang bertanggung jawab. Ada dua anak saya sekolah di SD. Paling besar sudah lulus SD tapi tidak lanjut," ujarnya.

Kartini juga harus membayar air. Per bulan, ia mengeluarkan Rp 50 ribu untuk membayar air. Sementara listrik masih ditanggung oleh pemerintah.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved