Kediri

Puting Beliung Datang saat Penghitungan Suara Pilkades Balongjeruk, Kabupaten Kediri

Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang Desa Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri.

Puting Beliung Datang saat Penghitungan Suara Pilkades Balongjeruk, Kabupaten Kediri
Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang Desa Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri. Akibatnya, tenda tempat kegiatan pilkades di halaman balai desa ambruk porak poranda, Rabu (7/11/2018) petang. 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang Desa Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri. Akibatnya, tenda tempat kegiatan pilkades di halaman balai desa ambruk porak poranda, Rabu (7/11/2018) petang.

Saat hujan dan angin puting beliung menerjang sedang dilakukan penghitungan suara. Karena ada bencana penghitungan suara untuk sementara waktu terpaksa dihentikan oleh pihak panitia.

Seluruh kartu suara dan peralatan untuk penghitungan suara kemudian diamankan di areal kantor desa karena kondisi tenda ambruk diterjang angin puting beliung.

Malahan pohon mangga yang berada dekat dengan Kantor Desa Balongjeruk ada yang patah dahannya menimpa belasan sepeda motor yang diparkir di bawahnya. Beberapa sepeda motor rusak ringan.

Sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa akibat musibah ini. Di sepanjang jalan banyak ditemukan pohon yang tumbang, beberapa diantaranya menimpa atap rumah penduduk.

Secara keseluruhan kegiatan Pilkades Balongjeruk juga berlangsung aman. Namun menjelang petang turun hujan deras disertai angin kencang yang menyapu wilayah Desa Balongjeruk.

Paidi salah satu warga menuturkan puting beliung muncul bersamaan dengan hujan deras. "Lesusnya (anginnya) kencang sekali sehingga tendanya ambruk," ungkapnya.

Tanda-tanda bakal turunnya puting beliung terlihat beberapa saat sebelum kejadian karena ada mendung tebal. Tak lama kemudian turun hujan yang disertai sapuan angin kencang.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri Rendy Agata saat dikonfirmasi menjelaskan, bencana angin puting beliung selain menerjang Desa Balongjeruk juga Desa Wonorejo, Kecamatan Kunjang.

Bencana ini diawali hujan deras disertai angin. Akibatnya banyak pohon yang tumbang. Malahan pohon di dekat kantor desa juga tumbang.

Saat kejadian sedang dilakulan penghitungan suara sehingga sempat dihentikan sampai hujan reda. "Korban jiwa nihil," jelasnya.

Sedangkan kerugian materiil masih dihitung dan didata petugas. "Kami sudah koordinasi dengan instansi terkait dan menugaskan personel melakukan penanganan darurat di lapangan," jelasnya.

Sementara penghitungan suara kembali dilanjutkan panitia pilkades setelah hujan mulai reda.

Kasubag Humas Polres Kediri AKP Setyabudi menjelaskan, pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Kediri secara keseluruhan berlangsung aman dan lancar.

Termasuk Pilkades Balongjeruk penghitungan suara sempat dihentikan karena ada angin puting beliung yang merobohkan tenda. Setelah hujan reda penghitungan dilanjutkan kembali.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved