Malang Raya

Mahasiswa UMM dan UM Berjaya pada Kontes Mobil Hemat Energi di Universitas Padang

Tim mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Negeri Malang (UM) berjaya di event Universitas Padang.

Mahasiswa UMM dan UM Berjaya pada Kontes Mobil Hemat Energi di Universitas Padang
UMM
Tim mahasiswa UMM yang meraih juara I di kategori urban listrik di KMHE di Universitas Negeri Padang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Tim mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Negeri Malang (UM) berjaya di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 yang digelar di Universitas Padang pada 27 November-1 Desember 2018, 

Pada acara yang digelar oleh Kemenristekdikti ini, tim UM menerjunkan dua tim. Tim 1 Semeru meraih kategori di prototipe ethanol sebagai juara 1 dengan kecepatan 543,47 Km per liter. Sedang Tim 2 Semeru meraih juara 2 di kategori urban ethanol dengan kecepatan 185 km per liter.

Selanjutnya, mereka akan bersiap ke jenjang Asia di Shell Eco Marathon Asia 2019 yang rencananya akan diadakan di Thailand. "Alhamdullilah, dua tim Semeru bisa menang di Padang," ujar Dr Andoko ST MT, Dekan Fakultas Teknik UM pada suryamalang.com, Minggu (2/12/2018).

Menurutnya, ini sebagai kebanggaan karena UM baru tiga kali ikut KMHE sehingga diperhitungkan. Dikatakan Andoko, di kategori prototipe ethanol yang diikuti lima finalis itu sebelumnya Rakata ITB selalu menang.

"Saat lomba, tim dari ITB ada accident untuk menyelesaikan race. Sehingga UM bisa menang," akunya. Sedang di kategori urban ethanol, tim ITS memang masih berjaya di peringkat satu dan UM di peringkat dua. Ia berharap nanti Tim Semeru UM saat berlaga di tingkat Asia pada 2019 bisa jaya dan beruntung.

Sedang tim mahasiswa UMM dengan nama Mekatronic Team menyabet juara I di kategori urban listrik. Tim ini mengandalkan kendaraan Genetro Suryo U.E.V 06 yang unggul dengan hasil terbaik pada kecepatan 335,09 KM/KWH.

Sehingga bisa menyisihkan tim dari perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya. "Mobil Listrik UMM kemarin berhasil menjadi yang terjauh dengan efisiensi terbaik," jelas Afrianto, selaku Drive train di Mekatronic Team, Minggu (2/12/2018).

Ditambahkan Mohammad Jufri, pembina tim menyatakan perolehan nilai 335,09 KM/KWH memecahkan rekor Asia dan dunia. "Informasi dari panitia seperti itu," katanya bangga. Sedang Tim Srikandi dengan kendaraan Hrusangkali Evo 01 di kelas Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline meraih juara di kategori Desain Estetika Terbaik.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved