Travelling

Jalur Pendakian Gunung Semeru Ditutup Mulai 3 Januari 2019 Sampai Batas Waktu yang Belum Ditentukan

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup sementara jalur pendakian menuju Gunung Semeru yang dimulai pada tanggal 3 Januari

Jalur Pendakian Gunung Semeru Ditutup Mulai 3 Januari 2019 Sampai Batas Waktu yang Belum Ditentukan
SURYA/Eko Darmoko
Puncak Gunung Semeru, Mahameru, di ketinggian 3676 mdpl 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup sementara jalur pendakian menuju Gunung Semeru yang dimulai pada tanggal 3 Januari 2019.

Dalam suratnya bernomor PG.03/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2018, Balai Besar TNBTS menerangkan bahwa penutupan gunung setinggi 3.676 mdpl di Puncak Mahameru itu merupakan langkah antisipasi karena cuaca buruk.

"Sebelum kejadian terjadi dan menimbulkan korban, mengingat prakiraan Januari - April intensitas curah hujan cukup tinggi disertai angin kencang," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat, Rabu (26/12/2018).

Ia menambahkan penutupan pendakian di jalur Gunung Semeru juga bertujuan untuk memulihkan ekosistem di kawasan tersebut secara alamiah. Belum bisa dipastikan kapan jalur pendakian menuju Semeru akan dibuka kembali.

"Sekitar 9 bulan jalur pendakian menuju Semeru dibuka. Diharapkan pemulihan ekosistem alamiah dengan didukung curah hujan yg cukup tinggi akan berjalan dengan baik," katanya.

Sarif mengatakan saat ini belum ada laporan terkait adanya pohon tumbang di kawasan pendakian Gunung Semeru.

"Jadi malam tahun baru nanti wisatawan masih bisa mendaki Semeru," katanya. (Aminatus Sofya)

Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved