Kota Batu

Jelang Akhir Tahun, Permintaan Daging Kelinci di Kota Batu Melambung Tinggi

Permintaan daging kelinci di Kota Batu termasuk tinggi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Apalagi jelang akhir tahun ini, naik dua kali lipat

Jelang Akhir Tahun, Permintaan Daging Kelinci di Kota Batu Melambung Tinggi
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Kelinci pedaging di Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Permintaan daging kelinci di Kota Batu termasuk tinggi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Apalagi jelang akhir tahun ini, permintaan bisa mencapai dua kali lipat.

Dalam satu minggu, permintaan jelang akhir tahun ini bisa mencapai 300 kilogram. Hal itu diungkapkan Mashuri satu di antara peternak kelinci pedaging di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (30/12/2018).

Ia mengatakan berbeda dengan hari biasanya, dalam seminggu hanya mencapai 100 kilogram saja.

"Ya meningkat, dua kali lipat. Bahkan sampai minta dari luar kota untuk memenuhi kebutuhan di Kota Batu," kata dia, Minggu (30/12/2018).

Ia mendapatkan orderan dari daerah Kediri, Bojonegoro, Jember, Blitar, dan Pasuruan. Dari daerah itu yang paling sedikit ialah dari Pasuruan.

Permintaan daging kelinci itu biasanya untuk di tempat wisata Payung Desa Songgokerto, Wisata Gunung Banyak, Alun-Alun Kota Batu, dan restoran di Kota Batu.

Rata-rata kiriman daging kelinci dari luar kota dalam seminggu bisa mencapai 500 kilogram.

"Itu pun masih belum secara keseluruhan memenuhi permintaan mbak. Ya tidak semuanya kami penuhi. Jika dipenuhi tidak akan cukup mbak," imbuhnya.

Dalam situasi seperti ini, daging kelinci dari ternak di Kota Batu tidak memungkinkan mengirim ke luar daerah. Karena dari segi harga tidak akan terpenuhi.

Satu kilogram daging kelinci saja dijual dengan harga Rp 80 ribu. Kalau di luar kota hanya Rp 65 ribu.

Saat ini ada sekitar 300 ekor kelinci pedaging yang ternak. Di Kantor Pemerintah Balai Kota Among Tani Kota Batu juga ada 100 ekor.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved