Banyak Kucing Liar Telantar Gara-gara Pemelihara hanya Mau Rawat saat Kucing Sehat dan Lucu

Banyak orang memelihara kucing cuma karena cantik, lucu. Tapi nggak mempertimbangkan soal perawatan. Walhasil kalau nanti kucingnya sakit, kotor, bau.

Banyak Kucing Liar Telantar Gara-gara Pemelihara hanya Mau Rawat saat Kucing Sehat dan Lucu
pixabay/ilyessuti
KUCING 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - "Banyak orang memelihara kucing cuma karena cantik, lucu. Tapi nggak mempertimbangkan soal perawatan. Walhasil kalau nanti kucingnya sakit, kotor, bau, dia dibuang," ujar Yana, salah satu anggota Surabaya Sidoarjo Peduli Kucing Domestik (S2PKD).

Menurut dia, hal tersebut dilakukan karena tidak banyak orang yang memahami, ada beberapa hal yang harus dikorbankan saat seseorang memelihara kucing.

"Pertama yang pasti berkorban finansial, lalu tenaga. Selain itu hubungan dengan anggota keluarga di rumah dan tetangga pun harus benar-benar dipertimbangkan," tuturnya.

Ditemui dalam talk show Healty Life With Your Lovely Cat di Marketing Gallery Grand Pakuwon Surabaya Barat, Sabtu (19/1/2019), Yana mengaku di rumahnya sudah ada 25 ekor kucing domestik terlantar yang ia pelihara.

"Kalau ditanya berapa nominal yang sudah keluar untuk pemeliharaannya, ya banyak, nggak dihitung. Yang pasti pengeluaran untuk diri saya sendiri nggak sebesar biaya perawatan mereka," ujarnya.

Yana mengaku, hal itu dilakukannya sebab ada perasaan luar biasa ketika dapat membuat kucing-kucing terlantar itu kembali sehat.

Saat pertama kali membawa kucing terlantar berusia tertentu ke rumah, yang pertama kali dilakukan Yana adalah sterilisasi.

"Sterilisasi itu, kalau yang betina rahimnya diangkat, kalau yang jantan testisnya dipotong, supaya tidak terjadi over population," tutur Yana.

Sebab, sekali melahirkan, seekor kucing dapat melahirkan empat anak kucing. Hal tersebut, dapat terjadi dalam periode tiga bulan sekali. TribunJatim/Heftys

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved