Kota Batu

Mengapa Aneka Varietas Buah Apel Tumbuh Subur di Kota Batu? Ternyata Ada Peran Gunung Arjuno

Buah apel sudah menjadi ikon Kota Batu. Letak geografis Kota Batu yang berada di Lereng Gunung Arjuno menjadi tempat terbaik tumbuhnya varietas apel

Mengapa Aneka Varietas Buah Apel Tumbuh Subur di Kota Batu? Ternyata Ada Peran Gunung Arjuno
website.batukota.go.id
Petani buah apel di Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Buah apel sudah menjadi ikon Kota Batu. Letak geografis Kota Batu yang berada di Lereng Gunung Arjuno menjadi tempat terbaik tumbuhnya varietas buah apel.

Di antara varietas itu adalah Apel Anna, Apel Manalagi hingga Room Beauty. Apel merupakan tanaman sub-tropis yang hanya bisa tumbuh optimal di wilayah yang memiliki kelembapan udara 75-85 persen dan curah hujan yang ideal adalah 1.000-2.600 mm/tahun.

Dikutip dari website.batukota.go.id, di Indonesia yang beriklim tropis, buah apel hanya bisa tumbuh secara baik di Kota Batu, salah satunya di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Apel Kota Batu memiliki tekstur yang renyah, asam-manis, dengan kandungan air yang segar.

Buah apel ini bukan sekadar pencuci mulut setelah makan, kandungan dalam buah apel dapat bermanfaat bagi kesehatan, karena bisa dijadikan obat herbal.

Khusus untuk penderita diabetes, jantung, kolesterol, asam urat, hipertensi, dan ambeien.

Keberadaan buah apel di Kota Batu memiliki potensi yang sangat besar. Seiring berjalannya waktu, buah apel Kota Batu menjadi sentra andalan nasional daya tarik wisata.

Tidak hanya dinikmati sebagai buah, apel juga diolah sebagai berbagai produk seperti: jenang, dodol, kripik, cuka apel dan sari buah.

Sekarang, setiap orang bisa menikmati sensasi wisata petik apel, makan apel, dan membawa oleh-oleh apel segar langsung dari Petani di Kota Batu.

Setiap wisatawan dapat menyaksikan suguhan pemandangan indah pegunungan, udara segar dan suasana pedesaan yang tenang.

Salah satu wisata petik apel yang ramai dikunjungi wisatawan yakni Wisata Petik Apel Makmur Abadi yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro nomor 24 Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu.

Jika tertarik berkunjung, Ada bisa menghubungi Bapak Sugiman dinomor 0851001667414 atau Bapak Suharno dinomor 085103689229.

Jika anda ingin membeli jumlah besar dapat menghubungi Bapak Suwariono dinomor 08530408950 atau Petik Apel Mandiri : Bpk. Tofa 081252160262, Bpk. Endik 081333196339.

Menarik bukan, mengunjungi Kota Batu tidak harus melulu ke objek wisata alam atau buatan lho.

Wisata petik apel juga wajib dicoba ketika berkunjung ke Kota Wisata Batu.

Penulis: Eko Darmoko
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved