Kabar Pamekasan

Benarkah Ada Alat Penghemat Listrik? Ini Keterangan Resmi dari PLN

saat ini banyak tawaran alat yang bisa menghemat listrik baik melalui media online maupun di pasar-pasar.

Benarkah Ada Alat Penghemat Listrik? Ini Keterangan Resmi dari PLN
SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
ILUSTRASI - Petugas PLN perbaiki meteran listrik. 

SURYAMALANG.COM, PAMEKASAN - PT PLN (Persero) Area Pamekasan, Pulau Madura, meminta masyarakat untuk mewaspadai tawaran alat penghemat listrik.

Bagian Pemasaran dan Pemasangan Pelanggan PLN Area Pamekasan, Hudono menjelaskan, saat ini banyak tawaran alat yang bisa menghemat listrik baik melalui media online maupun di pasar-pasar.

Bahkan, ada juga tenaga penjual yang mendatangi rumah ke rumah. PLN mewanti-wanti kepada masyarakat Pamekasan agar tidak tertipu dengan tawaran tersebut.

"Kami dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Pamekasan mengimbau kepada para pelanggan agar tidak tertipu dengan alat penghemat listrik yang kini banyak beredar luas," ujarnya saat ditemui SuryaMalang.com di kantornya, Kamis (31/1/2019)

Menurut Hudono, PLN Area Pamekasan tidak pernah menjual alat penghemat listrik. Penghematan listrik seharusnya tidak dari alat, tetapi dari perilaku konsumen sendiri.

PLN tidak memproduksi alat tersebut, PLN juga tidak pernah mengimbau kepada masyarakat Pamekasan bahwa ada alat penghemat listrik.

"Imbauan kami kepada masyarakat Pamekasan untuk berhemat daya listrik, tetapi kalau imbauan kepada masyarakat Pamekasan untuk menggunakan alat penghemat listrik tidak pernah,” tegasnya.

Bagian Pemasaran dan Pemasangan Pelanggan PLN Area Pamekasan, Hudono.
Bagian Pemasaran dan Pemasangan Pelanggan PLN Area Pamekasan, Hudono. (Kuswanto Ferdian - SuryaMalang.com)

Tak hanya itu, Manajer Bagian Jaringan UP3 Pamekasan Faris Fitrianto turut angkat bicara, penghematan listrik hanya bergantung dengan bagaimana pemakaian listrik sehari-hari.

“Tidak ada alat penghemat,” ucapnya.

Selain itu, penggunaan elektronik lama juga berpengaruh terhadap boros tidaknya penggunaan listrik bagi pengguna.

“Apabila ada yang menjual alat penghemat listrik dengan mengatasnamakan PLN Area Pamekasan, masyarakat diminta untuk hati-hati, apabila terjadi paksakan, laporkan saja kepada pihak yang berwajib,” ujarnya.

Faris pun juga menyampaikan bahwa pegawai PLN Area Pamekasan selalu disertai dengan identitas pegawai PLN.

Selain itu, masyarakat Pamekasan juga diminta untuk berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan PLN lainnya.

"Seperti petugas penyambungan listrik, petugas pemutusan listrik, petugas penertiban listrik, dan lain sebagainya," imbuhnya. Kuswanto Ferdian

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved