Kabar Jember

Aneh Tapi Sering Terbukti, Jenazah di Pantai Payangan Selalu Ditemukan Hari Ketiga atau Keempat

Salah satu nelayan yang menemukan tubuh Ahmad Hasanudin adalah Misnadi, pemilik warung di Pantai Payangan Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, Jember.

Aneh Tapi Sering Terbukti, Jenazah di Pantai Payangan Selalu Ditemukan Hari Ketiga atau Keempat
ist
EVAKUASI - Operasi pencarian korban tenggelam di Pantai Payangan Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, Jember, resmi selesai pukul 16.00 Wib. Selesainya operasi ini setelah tubuh korban terakhir Ahmad Hasanudin (25) asal Jombang ditemukan, Selasa (12/2/2019) pukul 14.00 Wib. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Salah satu nelayan yang menemukan tubuh Ahmad Hasanudin (25) adalah Misnadi, pemilik warung di Pantai Payangan Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, Jember.

Kepada SuryaMalang.com, Misnadi mengatakan, dirinya bersama empat orang lain berperahu ikut mencari tubuh guru muda itu pada hari ketiga pencarian, Selasa (12/2/2019).

"Kami berlima naik perahu. Empat nelayan, dan satu orang saudara korban Hasan ini. Saudaranya memang ikut mencari. Kami berputar-putar di seputaran lokasi awal, dan menyisir sampai menjauh. Saat di barat Bukit Sambosa, kami melihat sesosok tubuh mengapung di laut," kata Misnadi kepada SuryaMalang.com.

Temuan itu akhirnya dilaporkan ke Posko SAR Pantai Payangan. Tim pencari dan penyelamat kemudian mendatangi titik yang diketahui sebagai lokasi ditemukannya tubuh Hasan.

"Kalau tubuhnya sudah membengkak, cuma bajunya masih utuh sehingga mudah dikenali. Untuk lokasi penemuan tidak begitu jauh dari lokasi tenggelam awal," lanjut Misnadi.

Penemuan tubuh Hasan di hari ketiga ini sesuai dengan prediksi nelayan Payangan. Warga di sekitar Pantai Payangan meyakini jika ada korban tenggelam di Pantai Payangan akan ditemukan pada hari ketiga atau keempat.

"Kalau tidak langsung ditemukan, biasanya akan ditemukan di hari ketiga atau keempat. Biasanya juga tidak begitu jauh dari lokasi tenggelam awal. Tentunya kami mencari juga melihat arah gelombang," ujar Samsuri, warga Payangan.

Karenanya, pencarian memang difokuskan di seputaran Pantai Payangan juga ke laut di seputaran Bukit Samboja, sampai ke Pantai Watu Ulo.

Ternyata tubuh Hasan ditemukan tidak begitu jauh dari lokasi tenggelamnya dan di hari ketiga pencarian.

Sementara itu, keluarga Hasan, antara lain orangtuanya menunggu sampai tubuh Hasan ditemukan. Keluarganya tiba di Pantai Payangan, Senin (11/2/2019). Selama dua hari mereka menunggu proses pencarian tubuh sulung dari tiga bersaudara ini.

Sementara itu, pencarian Hasan selama tiga hari dilakukan oleh sejumlah elemen antara lain nelayan yang tergabung dalam SAR Rimba Laut, Basarnas, tim dari BPBD Jember, TNI AL, juga Satpol Air, dan SAR OPA Jember.

Seperti diberitakan SuryaMalang, Minggu (10/2/2019) empat orang guru bimbingan konseling dari Kabupaten Jombang terseret arus ombak Pantai Payangan. Satu orang berhasil diselamatkan dalam keadaan hidup yakni Yanik Susanti.

Dua orang ditemukan tak lama setelah terseret namun sudah meninggal dunia yakni Yuda Mahardika dan Nur Zakia Ismawati. Terakhir Ahmad Hasanudin tidak ditemukan saat itu, dan baru ditemukan, Selasa (12/2/2019) dalam kondisi meninggal dunia.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved