Batu Akik

Kediri Dirikan Sentra Akik sekaligus Lab Batu Akik

Pedagang akik di Kediri berhak menempati kios pasar akik tanpa dipungut biaya. Batu Akik Kediri diyakini memiliki titisan dan kharisma kerajaan Kadiri

Kediri Dirikan Sentra Akik sekaligus Lab Batu Akik
surya/hanif mansuri
Klaim - Batu akik buatan Dimas diklaim berlapis emas dan didapat dari gunung di Lamongan saat ditunjukkan dalam pameran akik, Sabtu (14/3/2015). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Pemkot Kediri resmi mendirikan sentra akik di Pasar Pahing Kota Kediri. Sentra batu akik ini diprediksi akan menjadi salah satu sentra batu akik terbesar di Jatim.

Setidaknya wilayah Tulungagung, Nganjuk, Blitar, Magetan, dan daerah sekitar Kediri yang terkenal dengan bebatuan khasnya akan terwadahi dengan sentra akik ini.

"Usaha batu akik ini menjadi tren usaha ekonomi kreatif. Setelah sentra akik, akan kami dirikan Laboratorium khusus batu akik di Kediri," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat peresmian sentra akik, Minggu (29/3/2015).

Dengan adanya lab, semua batu akik dapat diuji kualitasnya. Upaya ini untuk meningkatkan mutu dan kualitas batu akik dari Kediri. Ini untuk mendukung agar para pedagang batu akik jujur.

"Kalau sudah punya sentra akik begini, saya jadi bisa menjawab kalau ditanya dimana kalau beli akik di Kediri," ucap Mas Abu sambil tertawa.

Walikota juga mengajak para perajin dan pedagang ikut berpartisipasi pada kegiatan Festival Batu Akik yang bakal digelar di GOR Jayabaya. Kegiatan ini bakal diikuti seluruh perajin dari seluruh Indonesia.

Apalagi dari penelusuran para pengamat batu akik, sebagian batu akik yang dijual di luar negeri ternyata bahan bakunya dari Indonesia.

Muhammad Yasin Direktur PD Pasar Kota Kediri memberi kesempatan selama 6 bulan kepada perajin dan pedagang akik untuk menempati kios pasar tanpa dipungut biaya.

Yoyok, salah satu perajin menyambut baik pendirian sentra akik di Kediri. Kediri adalah bekas kerajaan Kadiri. "Mudah-mudahan sentra akik Kediri mendunia," harap Yoyok. (Didik Mashudi)

Tags
Kediri
Editor: faiq nuraini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved