Malang raya

Sebelum Jadi Dokter Kampus Ini, Calon Mahasiswa Setor '1 Toyota Yaris’

Nilai sumbangan terbesar pada pendidikan kedokteran, yakni mencapai Rp 232.500.000.

Sebelum Jadi Dokter Kampus Ini, Calon Mahasiswa Setor '1 Toyota Yaris’
net
Mahasiswa baru Universitas Brawijaya 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU – Calon mahasiswa baru yang ingin masuk Universitas Brawijaya (UB) lewat jalur mandiri atau Seleksi Penerimaan Minat dan Kemampuan (SPMK), harus menyiapkan uang dalam jumlah banyak.

Sumbangan Pengembangan Fasilitas Pendidikan (SPFP) melalui jalur SPMK yang diajukan Universitas Brawijaya (UB) sudah disetujui Kementrian Keuangan Republik Indonesia 26 Maret 2015.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan RI nomor 63 tahun 2015 itu, disetujui besaran nominal terendah untuk SPFP adalah untuk program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), yaitu sebesar Rp. 9.375.000.

Sedangkan nilai sumbangan terbesar pada pendidikan kedokteran, yakni mencapai Rp 232.500.000. Jumlah uang sebesar itu bisa untuk membeli satu buah unit mobil Toyota Yaris.

Rektor UB, Prof. DR. Ir. Mohammad Bisri, MS. menjelaskan, meskipun belum dipublikasikan secara resmi oleh UB. Namun, biasanya besaran yang diresmikan tidak berbeda jauh dengan peraturan Menkeu.

“Yang pasti tidak akan lebih tinggi nominalnya dari peraturan Menkeu. Hal ini akan diserahkan kembali kepada dekan tiap fakultas untuk dikaji kebutuhan disetiap jurusan,” terangnya.

Bisri sendiri mengaku, besaran SPFP yang diajukan UB masih sama dengan besaran SPFP 2014.

“Kami belum membuat anggaran baru, anggaran yang disetujui Menkeu itu sama dengan anggaran tahun lalu saat saya belum menjabat,” jelasnya.

Besaran SPFP itu belum termasuk uang kuliah yang harus dibayarkan setiap semester. Dan umumnya uang kuliah untuk jalur mandiri atau SMPMK ini lebih tinggi dibandingkan jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Sebelumnya, pihak Rektorat UB berjanji akan menurunan Uang Kuliah Tunggal (UKT) kategori III di Jurusan Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi untuk mahasiswa baru yang masuk lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN (bukan jalur mandiri).

Halaman
12
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved