Breaking News:

Malang Raya

50 Lulusan Jurusan Keperawatan SMKN 2 Malang Dipesan Rumah Sakit Jerman

Adanya kerja sama sejumlah sekolah di Malang untuk mengirimkan lulusannya keluar negeri menunjukkan potensi lulusan sekolah sudah diakui negara asing.

Penulis: sulvi sofiana | Editor: fatkhulalami
Google
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Adanya kerja sama sejumlah sekolah di Malang untuk mengirimkan lulusannya keluar negeri menunjukkan potensi lulusan sekolah sudah diakui oleh sejumlah negara asing.

SMKN 2 Malang tahun ini akan mengirimkan 50 lulusannya dari jurusan Keperawatan untuk bekerja di Jerman. Permintaan sejumlah rumah sakit di Malang juga mulai berdatangan sejak tahun 2013 untuk mempekerjakan lulusan keperawatan.

"Di jerman membutuhkan tenaga perawat karena banyak yang sudah nonproduktif dan lebih memilih dirawat tenaga medis," jelas Wakil Kepala SMKN 2 Malang Urusan Kesiswaan, Iwik Pratiwi SPd.

Menurut Iwik, jumlah peminat jurusan keperawatan tahun ini hingga 900 pendaftar, sedangkan tahun lalu hanya 600 pendaftar. Padahal, SMKN 2 Malang setiap tahunnya hanya membuka 4 kelas dengan kapasitas 32 siswa tiap kelas.

"Tahun ini kami membuka dua kelas industri dan dua kelas reguler," jelas guru Bahasa Inggris ini.

Menurutnya lulusan jurusan keperawatan memiliki potensi kerja sebagai asisten perawat di sejumlah rumah sakit.

"Potensi sekolah tinggi kesehatan atau akademi perawat dan gizi serta lapangan pekerjaan sudah banyak. Mereka sudah bisa menjadi asisten perawat," jelasnya.

Bahkan saat ini SMK sekarang sudah mulai diakui oleh asosiasi keperawatan. SMKN 2 Malang juga ditunjuk sebagai kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jurusan Keperawatan di Jawa Timur.

"Kami juga menjadi pemenang nasional untuk modul keperawatan. Sehingga modul itu dipakai sebagai modul yang saat ini berbentuk ebook sejak tahun 2012," jelasnya.

Selain SMKN 2 Malang, SMKN 11 dan SMKN 13 juga membuka jurusan keperawatan menggunakan modul sesuai dengan yang digunakan SMKN 2 Malang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved