Malang Raya

Urai Kemacetan di Jalan Semeru, Dishub Kota Malang Ubah Jalur Lalu Lintas

Kepala Dishub Kota Malang, Kusnadi menjelaskan, arus putas balik ini semata-mata untuk mengurai kemacetan yang terjadi di sepanjang Jalan Semeru

Urai Kemacetan di Jalan Semeru, Dishub Kota Malang Ubah Jalur Lalu Lintas
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Suasana perubahan arus lau lintas di Jalan Semeru. Perubahan ini sebelumnya lokasi putaran kendaraan ada di depan lokasi restauran Ayam Goreng Pemuda, kali ini putaran kendaraan diubah di bundaran depan Stadion Gajayana. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Dinas Perhubungan Kota Malang merubah arus lalu lintas putar balik di Jalan Semeru, Rabu (13/7/2016). Hal ini terlihat arus lalu lintas untuk putar balik di Jalan Semeru yang sebelumnya melalui depan Restoran Ayam Goreng Pemuda, namun kali ini putar balik diubah.

Yakni kendaraan harus melewati bundaran Stadion Gajayana.

Perubahan rekayasa lalu lintas ini, dilakukan sejak pagi tadi pukul 07.00 WIB. Terlihat petugas Dishub Kota Malang dan Kepolisian yang menjaga perubahan rekayasa lalu lintas ini.

Kepala Dishub Kota Malang, Kusnadi menjelaskan, arus putas balik ini semata-mata untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di sepanjang Jalan Semeru.

“Sampai sekarang arus lalu lintas di sini selalu terhambat karena putaran kendaraan yang kurang maksimal dan efektif. Sehingga sementara kami melakukan rekayasa perubahan arus lalu lintas,” tutur dia saat dikonfirmasi, Rabu (13/7/2016).

Menurut dia, apabila putaran kendaaraan diubah seperti yang dijelaskan, tumpukan kendaraan yang dari arah perempatan Jalan Rajabali, akan terurai. Serta bisa meminimalisir kemacetan. Sealain itu, di sekitar bundaran Stadion Gajayana sudah tidak tampak yang namanya Pedagang Kali Lima (PKL).

“Ini masih uji coba. Makanya ada pengawalan dari kami. Sampai kapannya masih belum tahu. Besok maish akan diberlakukan rekayasa lalu lintas ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C, Bambang Sumarto, mengatakan, rekayasa lalu lintas yang dilakukan masih dalam tahap uji coba dan masih dibutuhkan rekayasa lain.

Ia mengimbau kepada Dishub agar memantau arus yang berasal dari arah Jalan Tangkuban Perahu, sehingga rekayasa lalu lintas yang dilakukan hari ini, bisa maksimal.

"Ini sifatnya masih uji coba, jadi Dishub harus mengeksplore serta melakukan uji coba lainnya," pesan Bambang.

Terpisah, Teresia (28) satu dari pengguna jalan dengan mengendarai mobil, mengatakan pihaknya tidak tahu apabila ada perubahan arus lalu lintas untuk putar balik. Ia mengakui apabila di Jalan Semeru selalu berebut jalan untuk putar balik.

“Ya semoga saja di sini bisa lancar. Pertemuan arus juga jalan ini. Apalagi kalau sore hari, macetnya itu bukan karena volume kendaraan, tapi karena yang putar balik ini sering tidak mau mengalah,” kata dia.

Dari pantauan suryamalang.com, rekayasa perubahan lalu lintas ini, hingga pukul 15.40 WIB, masih terlihat kemacetan yang terjadi di Jalan Semeru. Petugas Dishub Kota Malang dibantu oleh jajaran kepolisian terus membantu kelancaran arus lalu lintas di Jalan Semeru.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved