Malang Raya

Polres Malang Memenangkan Gugatan Praperadilan, Kasus Apa Itu?

"Dalam putusan tersebut, MK menyebutkan penetapan tersangka tidak hanya berdasar dua alat bukti yang sah. Namun harus memeriksa tersangka,"

Polres Malang Memenangkan Gugatan Praperadilan, Kasus Apa Itu?
SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Hakim tunggal, Handry Argatama Ellion 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen, Handry Argatama Ellion, memutus gugatan praperadilan Heri Prayitno (51) terhadap Polres Malang, Rabu (10/8/2016).

Dalam amar putusannya, hakim menolak semua gugatan Heri. Dengan demikian, penetapan tersangka terhadap Heri oleh penyidik Polsek Lawang.

Kuasa hukum, Heri Prayitno, Leo Pratama mengaku menerima dan menghormati putusan hakim. Namun menurutnya, hakim tidak mempertimbangkan putusan Mahkamah Konstitusi nomor 21 tahun 2014.

"Dalam putusan tersebut, MK menyebutkan penetapan tersangka tidak hanya berdasar dua alat bukti yang sah. Namun harus memeriksa tersangka," ungkap Leo.

Leo menambahkan, masih akan berdiskusi dengan tim untuk menentukan langkah hukum lebih lanjut. Gugatan ini bermula saat penyidik Polsek Lawang menetapkan tersangka kepada Heri Prayitno, dalam kasus penipuan dan pemalsuan dokumen.

Heri menggugat, sebab sebelum ditetapkan sebagai tersangka dirinya belum pernah diperiksa.

Sementara Polsek menyatakan sudah mempunyai dua alat bukti yang sah untuk menetapkan tersangka.

Penulis: David Yohanes
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved