Malang Raya

Puan Maharani : UMKM Akan Digalakkan untuk Sukseskan KB

“Banyak ibu-ibu yang sukses dengan UMKM, namun tidak lupa dengan fungsinya sebagai ibu dan seorang istri. Mereka lebih peduli dengan KB,”

Puan Maharani : UMKM Akan Digalakkan untuk Sukseskan KB
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menyerahkan bantuan dalam puncak peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia di Poncokusumo, Kabupaten Malang, Selasa (27/9/2016). Peringatan Hari Kontrasepsi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kontrasepsi dan perencanaan Keluarga Berencana (KB) untuk menekan angka kelahiran agar tercipta masyarakat sejahtera dan sehat. 

SURYAMALANG.COM, PONCOKUSUMO - Perempuan perlu didorong untuk produktif, untuk turut menyukseskan program KB. Melalui usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) diharapkan kaum perempuan aktif ber-KB.

“Para perempuan yang tidak bekerja, cenderung mempunyai anak yang lebih banyak,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani , Selasa (27/9/2016) di acara puncak hari kontrasepsi dunia, di Poncokusumo.

Puan melanjutkan, para ibu rumah tangga yang punya pekerjaan akan sibuk dengan pekerjaannya. Mereka jadi lebih memperhitungkan untuk kembali mengandung dan melahirkan.

Karena itu Puan berharap, sosialisasi Keluarga Berencana (KB) yang dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), ditambah dengan edukasi pemberdayaan perempuan lewat UMKM.

“Banyak ibu-ibu yang sukses dengan UMKM, namun tidak lupa dengan fungsinya sebagai ibu dan seorang istri. Mereka lebih peduli dengan KB,” sambung Puan.

Lebih jauh Puan mengatakan, KB merupakan saah satu bentuk komitmen Indonesia untuk mencapai Millennium Development Goals (MDGs). Tujuannya untuk membentuk masyarakat yang sejahtera dan sehat.

Namun diperlukan terobosan agar program KB lebih efektif menjangkau usia reproduktif. Sebab terjadi stagnasi program KB sejak 15 tahun berakhir.

“Terjadi stagnasi baik dari sisi angka pertumbuhan penduduk maupun angka vertilitas total. Stagnasi itu harus dicarikan terobosan,” tandas Puan.

Penulis: David Yohanes
Editor: fatkhulalami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved