Breaking News:

Malang Raya

24 Veteran Kota Batu Batal Dapat Rumah, Dewan Sarankan Pemkot Lakukan Langkah Ini

Pembelian rumah di perumahan tidak hanya lebih efektif dalam waktu dan tidak terbebani aturan. Pembelian rumah juga bisa menambah aset daerah.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
ilustrasi veteran. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - DPRD Kota Batu minta Pemkot membeli rumah di untuk 24 veteran perang kemerdekaan. Sebab, pembangunan rumah untuk veteran gagal terealisasi setelah disediakan anggaran dari APBD sekitar Rp 6 miliar.

Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Hari Danah Wahyono mengatakan pembelian rumah di perumahan tidak hanya lebih efektif dalam waktu dan tidak terbebani aturan. Pembelian rumah juga bisa menambah aset daerah.

“Kami tidak ingin program perumahan untuk 24 orang veteran gagal lagi,” kata Hari Danah Wahyono, Minggu (4/12/2016).

Gagasan pembangunan rumah untuk veteran dengan statusnya pinjam pakai cukup baik. Para veteran hanya berhak menempati rumah tersebut, tetapi tidak bisa memiliki. Rumah veteran tersebut menjadi aset milik Pemkot Batu.

Pemkot bisa memanfaatkan rumah tersebut setelah ditinggalkan veteran.

“Kami mengapresiasi pembangunan rumah bagi veteran. Tetapi sayang gagal terwujud,” ucap Hari Danah Wahyono.

Awalnya pembangunan rumah veteran akan memanfaatkan tanah kas kelurahan. Namun muncul persoalan terkait aturan penggunaan tanah aset kelurahan, harus menunggu hasil audit BPK, dan mendapat persetujuan Menteri Keuangan.

Akhirnya sia-sia alokasi anggaran perumahan veteran itu, dan akan dianggarkan lagi dalam APBD 2017,” ujar Hari Danah Wahyono.

Sementara itu, Sekda Kota Batu, Widodo mengatakan alokasi anggaran perumahan veteran dalam APBD 2017 masih dalam pembahasan antara tim anggaran Pemkot dengan Banggar DPRD.

“Kami belum bisa memastikan apakah anggaran perumahan veteran kembali dialokasikan atau tidak. Semuanya masih dibahas di DPRD,” kata Widodo.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved