Breaking News:

Malang Raya

Puluhan Televisi Menggantung di Taman Krida Budaya, Pertanda Apa Ini?

Setiap televisi dicoret memakai warna merah. Di atas instalasi itu tertulis Pesta Buku 2016 dan Sejuta Buku.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
Pesta Sejuta Buku di Taman Krida Budaya Kota Malang, Kamis (29/12/2016) 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Puluhan televisi tergantung dalam tatanan apik di pelataran Taman Krida Budaya Jawa Timur di Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang, Kamis (29/12/2016). Pemandangan ini langsung tertangkap mata saat memasuki area pameran Pesta Malang Sejuta Buku di tempat tersebut.

Setiap televisi dicoret memakai warna merah. Di atas instalasi itu tertulis Pesta Buku 2016 dan Sejuta Buku. Instalasi itu menyampaikan pesan untuk mematikan televisi, dan digantikan dengan membaca buku.

“Pesannya matikan tivi-mu, buka buku, dan membacalah,” ujar Hinu OS, Ketua pelaksana Pesta Malang sejuta Buku yang juga pimpinan 3G Production (3GP), Kamis (29/12/2016).

Hinu menyebut pameran ini merupakan pesta buku terbanyak yang digelar di Kota Malang selama beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, pameran buku melibatkan sejumlah penerbit pada 2012 silam.

“Malang merupakan kota istimewa, dan hampir mirip dengan Yogyakarta. Penerbit buku indie tumbuh di sini, meskipun tidak sebanyak dan sebesar Yogyakarta. Pembaca di kota ini juga banyak sehingga kami menggelar Pesta Malang Sejuta Buku di sini,” ujar Hinu.

Pesta buku ini melibatkan 37 stand, baik penerbit maupun toko buku. 3GP juga bekerjasama dengan penerbit lokal di Malang.

Hinu menegaskan target pameran ini adalah mempertemukan pembaca dengan buku-buku yang sulit ditemukan oleh pembaca karena tidak dijual di toko buku.

“Sesuai temanya, Ketemu Buku. Kami memang mendekatkan pembaca dengan buku-buku yang mungkin susah ditemukan,” tegasnya.

Sementara itu, Asisten 3 Pemkot Malang, Yudhi K Ismawardi mengatakan minat baca masyarakat Kota Malang sudah baik, meskipun masih kalah dibandingkan Yogyakarta.

“Kami mendukung kegiatan seperti ini. Kegiatan ini bisa meningkatkan minat baca masyarakat. Apalagi Kantor Perpustakaan ditingkatkan statusnya menjadi dinas pada tahun depan,” ujar Yudhi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved