Breaking News:

Malang Raya

Chairul Tanjung : Makin Banyak Entrepreneur, Makin Maju Suatu Negara

Pengusaha yang juga masuk dalam 1.000 orang terkaya sedunia versi majalah Forbes itu menekankan pada kecilnya jumlah entrepreneur Indonesia.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Chairul Tanjung dalam kuliah umum bertema "Kewirausahaan untuk Indonesia Maju" di kampus Universitas Islam Malang (Unisma), Sabtu (25/02/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, memberikan kuliah umum bertema "Kewirausahaan untuk Indonesia Maju" di kampus Universitas Islam Malang (Unisma), Sabtu (25/02/2017).

Pengusaha yang juga masuk dalam 1.000 orang terkaya sedunia versi majalah Forbes itu menekankan pada kecilnya jumlah entrepreneur Indonesia.

"Hanya berkisar 1,6 persen," katanya. Padahal, menurutnya, jumlah entrepreneur dalam suatu negara juga menandakan kemajuan negara tersebut.

Sedikitnya jumlah entrepreneur di Indonesia, sebagian besar disebabkan karena banyak pekerja telah terjebak dalam zona nyaman menjadi pegawai dan tidak mau berusaha lebih keras.

Selain itu, lanjutnya, sistem pendidikan di Indonesia kurang mendukung untuk membentuk pengusaha.

"Anak muda jaman sekarang inginnya instan dan tidak mau mengambil risiko," ujarnya.

Chairul menyontohkan lebih banyaknya sarjana sosial ketimbang sarjana teknik yang kuliahnya cenderung lebih sulit. Jumlah sarjana teknik hanya berkisar 30 ribu orang pertahunnya.

Faktor lain adalah masih besarnya prosentase warga yang hanya lulusan SD di Indonesia. Hal itu menggambarkan pendidikan yang masih belum terlalu dipentingkan. Serta, kurangnya budaya membaca oleh masyarakat Indonesia.

Dalam kuliahnya itu Chairul mengajak mahasiswa Unisma untuk mengubah mindset dan mulai memberanikan diri untuk mengambil risiko menjadi pengusaha.

"Kuncinya hanya tiga, be creative, be innovative, dan be entrepreneur," katanya.

Rektor Unisma, Prof Masykuri Bakri mengatakan kuliah umum tersebut memang dihatapkan dapat memunculkan semangat entrepreneur mahasiswa Unisma dan para peserta dari berbagai universitas di Indonesia yang hadir.

"Harapannya supaya juga bisa mengurangi nilai pengangguran di Indonesia," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved