Breaking News:

Malang Raya

Jalur Pendakian ke Gunung Arjuno Bisa Lewat Desa Sumbergondo, Tapi . . .

Jalur pendakian ini sudah memenuhi syarat yang ditentukan Tahura. Di antara syaranya adalah jalur evakuasi, jarak tempuh, dan keamanan.

explore1ndonesia.blogspot.co.id
Puncak Gunung Arjuno 

SURYAMALANG.COM, BATU - Jalur pedakian ke Gunung Arjuno melalui Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu belum mengantongi izin dari pihak Taman Hutan Raya (Tahura), Perhutani, Badna Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu.

Padahal jalur pendakian ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu.

Ketua Karang Taruna Desa Sumbergondo, Efendi Mujiono mengatakan jalur pendakian ini sudah banyak dipilih oleh pendaki. Namun, masih belum resmi.

“Kalau dari kepala desa sudah ada izinnya. Kami juga sudah mengirim proposal ke Perhutani, Tahura. Dari surat yang kami kirimkan, harus ada rekomendasi dari Pemkot Batu,” kata Efendi kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (23/4/2017).

Menurutnya, jalur pendakian ini sudah memenuhi syarat yang ditentukan Tahura. Di antara syaranya adalah jalur evakuasi, jarak tempuh, dan keamanan.

Saat terjadi kebakaran di Gunung Arjuno, pemadaman bisa dilakukan secara cepat. Relawan menempuh perjalanan dari Desa Sumbergondo.

Jalur evakuasi pun bisa langsung sampai Pos 1. Puncak Gunung Arjuno dari Desa Sumbergondo bisa ditempuh dalam waktu antara 6-8 jam.

“Kalau mau ke puncak dari jalur ini harus didampingi teman-teman dari desa. Bagi yang sudah pengalaman naik gunung, tidak masalah tanpa pendamping,” imbuhnya.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved