Breaking News:

Travelling

Dari Malang ke NTT, Naik Motor 39 Hari Jelajahi 4500 Km : 'Di Pulau Komodo Uang Sisa Rp 100 Ribu'

Wanita 26 tahun ini juga sempat terjatuh dari motor, ketika melintasi jalur Selatan Kupang. Ceritanya, di jalur tersebut kondisi jalannya sangat buruk

dok pribadi
Siti Muzainah alias Mouzza saat bertualang sendirian naik motor 

SURYAMALANG.COM - Setelah menempuh perjalanan selama 39 hari, perjalanan Ekspedisi Kartini 3 dari Malang, Jawa Timur ke Atambua, Nusa Tenggara Timur, berhasil dituntaskan Siti Muzainah.

Inilah perjalanan solo seorang wanita, membawa misi kesejahteraan perempuan, pendidikan, seni budaya, dan wisata.

Perjalanan ini dimulai pada 16 April, selesai 25 Mei 2017 lalu, menemuh jarak sekitar 4.500 km. Perjalanan ini digagas wanita yang akrab disapa Mouzza itu, hingga finish di Bonderland, Malang. Kedatangannya disambut seniman dan budayawan Mbah Yongki Irawan dan beberapa biker dari Malang, Sidoarjo, dan Pasuruan.

Selama dalam perjalanan seorang diri, Mouzza menceritakan pengalamannya duka, tapi tetap dibikin happy hingga dibilang unik. Dalam siaran tertulis yang dikirim ke KompasOtomotif, (30/5/2017), dirinya menceritakan sempat kehabisan dana, hanya menyisakan Rp 100 ribu.

”Di Pulau Komodo uang saya hanya sisa Rp 100 ribu, saya harus tetap bisa bertahan selama satu minggu," ucap Mouzza, yang tampaknya menggunakan Yamaha Byson modifikasi untuk bertualang itu.

Selain dana yang tipis, Ia juga sempat dilecehkan oleh preman di kapal saat akan pulang dari Sumba ke Sape. Singkat cerita, ternyata mereka adalah preman mabuk, dan untungnya situasi bisa dikendalikan.

Wanita 26 tahun ini juga sempat terjatuh dari motor, ketika melintasi jalur Selatan Kupang. Ceritanya, di jalur tersebut kondisi jalannya sangat buruk.

”Saya sempat terjatuh beberapa kali, tapi tidak sampai mengalami luka yang fatal," ujar Mouzza.

Kendati penuh perjuangan, semua hal yang dianggap menjadi halangan selama perjalanan terbayarkan saat dirinya menyempatkan datang ke Horizons Unlimited Indonesia (HUI) 2017 di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), belum lama ini.

Dia pun mengaku bisa berbagi pengalaman menarik selama perjalanan, meski tak sebanyak biker lain yang sudah ”khatam” naik motor keliling dunia.

”Di HUI Sumbawa, saya bertemu banyak biker dunia bahkan bisa ketemu langsung Kang JJ. Ada juga wanita petualang asal Malaysia Anita Yosob. Bisa bertemu banyak biker dunia, bikin saya yakin bisa Umroh mengendarai motor," ujar Mouzza.

Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved