Breaking News:

Malang Raya

Dosen Tamu Universitas Widyagama Malang Ini Buka Kartu, Ternyata Ini Nilai Tenaga Kerja Indonesia

Mark mengatakan Indonesia memiliki kekuatan besar dalam hal banyaknya sumber daya alam yang bisa dimaksimalkan potensinya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Prof Mark Loo PhD dari Universitas Concordia of Edmonton, Kanada menjadi pembicara dalam kuliah tamu bertema Global Marketing di Aula kampus 2, Jumat (3/11/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Prof Mark Loo PhD dari Universitas Concordia of Edmonton, Kanada menjadi pembicara dalam kuliah tamu bertema Global Marketing di Aula kampus 2, Jumat (3/11/2017).

Ia menjelaskan mengenai daya saing Indonesia dalam global marketing.

Mark mengatakan Indonesia memiliki kekuatan besar dalam hal banyaknya sumber daya alam yang bisa dimaksimalkan potensinya.

"Namun sayangnya kebanyakan tenaga kerja Indonesia kurang mahir. Itulah yang menjadi masalah besar di Indonesia. 110 juta tenaga kerja Indonesia memiliki pendidikan rendah dan sepertiga dari jumlah total itu berusia di bawah 35 tahun," terangnya.

Perkembangan manusia di Indonesia juga masih berada di peringkat 108 dari 187 negara di dunia.

Meski begitu, panjang usia orang Indonesia sudah meningkat dari usia 58 menjadi hingga usia 70 tahun.

Ia juga menjelaskan tentang daya saing negara-negara Asean di tingkat dunia.

Pria asal Malaysia itu memaparkan Asean memegang peranan penting dalam perekonomian dunia.

"Region Asean cukup stabil dan hampir tanpa pergolakan politik yang berarti. Sehingga ini baik dalam perkembangan negara-negaranya. Pertumbuhan populasi Asean kurang lebih sebesar 5 persen dan lebih tinggi dari Eropa dan Amerika yang hanya 2 persen," katanya.

Sayangnya, Amerika Utara dan Eropa belum banyak yang mengenal Asean dan belum banyak yang mengembangkan bisnis di negara Asean.

"Kebanyakan dari negara di Eropa dan Amerika Utara lebih memilih berbisnis di Afrika karena mereka belum paham dengan potensi Asean yang besar," tuturnya. 

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved