Malang Raya

BP2D Kota Malang Rangkum 40 Jurus Pencapaian Targetnya Lewat Buku, Ada Jurus untuk Mafia Pajak

Buku '40 Jurus BP2D' itu setebal 110 halaman, berisi jurus BP2D dari jurus ke-satu hingga jurus ke-40.

BP2D Kota Malang Rangkum 40 Jurus Pencapaian Targetnya Lewat Buku, Ada Jurus untuk Mafia Pajak
SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang meluncurkan buku berjudul '40 Jurus BP2D', Selasa (7/11/2017). 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG - Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang meluncurkan buku berjudul '40 Jurus BP2D', Selasa (7/11/2017).

Buku itu berisi tentang 40 inovasi internal dan eksternal yang dilakukan BP2D untuk memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang.

"Jurus ini penyempurnaan dari 31 jurus sebelumnya ketika BP2D masih bernama Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah)."

"Sejak Januari 2017 menjadi BP2D, ditambah lagi hingga akhirnya menjadi 40. Ini merupakan upaya internal dan eksternal BP2D," ujar Sekretaris BP2D Kota Malang M Thoriq di sela-sela peluncuran buku itu, Selasa (7/11/2017).

Melalui buku ini, kata Thoriq, diharapkan masyarakat tahu tentang perpajakan daerah.

"Ini terobosan di bidang pelayanan perpajakan daerah kepada masyarakat, selain juga bentuk laporan transparansi kepada masyarakat," tegasnya.

Buku '40 Jurus BP2D' itu setebal 110 halaman, berisi jurus BP2D dari jurus ke-satu hingga jurus ke-40.

Jurus pertama itu tentang penerapan pajak online, lalu kedua pembentukan Satgas peningkatan pajak daerah, hingga jurus ke-40 tentang peluncuran tim Saber mafia pajak.

"Juga ada jalan sehat gebyar pajak, juga pemilihan putra-putri pajak. Jurus dalam bentuk mengedukasi masyarakat juga kami lakukan, tidak hanya jurus penagihan," tegas Thoriq.

Lalu dari 40 jurus itu, jurus manakah yang paling sakti?.

"Ke-40 jurus ini kami jadikan satu, sehingga menjadi jurus yang paling sakti. Jadi tidak ada satu jurus yang paling sakti, jadi 40 jurus ini harus kami jadikan satu supaya jadi satu kesaktian."

"Kalau jurus ini digabungkan, saya yakin penindakan akan bisa diminimalkan karena wajib pajak sudah sadar dan taat membayar pajak," tegasnya.

Namun jika para WP diketahui tetap nakal, maka petugas BP2D tidak segan mengeluarkan jurus pamungkas yakni penindakan, antara lain dengan menggerakkan Tim Saber Mafia Pajak, juga mengoperasi papan reklame yang bodong.

Semua jurus itu harus dipakai petugas BP2D untuk memenuhi target PAD. Mengingat tahun 2017, ini BP2D ditarget PAD sebesar Rp 352,5 miliar.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved