Breaking News:

Malang Raya

Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso Serahkan LKPJ Akhir Jabatan, Dewan Siapkan Catatan Strategis

"Iya Dewan (DPRD) sudah memperingatkan agar segera melaporkan LKPJ Akhir Masa Jabatan. Hari ini, baru kami sampaikan ke Dewan,"

Penulis: Sany Eka Putri | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso menunjukkan piagam penghargaan Kota Peduli HAM dan Kemenkumham, Senin (11/12/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Plt Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menyerahkan hasil Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan ke DPRD Kota Batu, Senin (11/12/2017).

LKPJ itu, dikatakan Punjul ada beberapa poin yang menjadi penekanan. Seperti pertumbuhan ekonomi, investasi daerah, angka kemiskinan, penggunaan anggaran, kunjungan jumlah wisatawan.

"Iya Dewan (DPRD) sudah memperingatkan agar segera melaporkan LKPJ Akhir Masa Jabatan. Hari ini, baru kami sampaikan ke Dewan," kata Punjul, Senin (11/12/2017).

Punjul menjelaskan, dari yang ia sampaikan terkait LKPJ Akhir Masa Jabatan ini, pihaknya akan menunggu catatan dari Dewan.

"Dari Dewan nanti memberikan catatan strategis. Bentuknya ini nanti progres untuk pemerintahan Kota Batu ke depan," kata Punjul.

Sementara itu, terkait LKPJ Tahun Akhir Anggaran, masih belum dilaporkan. Hal itu dikarenakan masih ada waktu satu bulan untuk menyelesaikan penggunaan anggaran 2017.

Belum lagi pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada semua dinas agar menyicil LPJ di dinas masing-masing.

Setidaknya, seminggu sebelum pergantian tahun, sudah terkumpul semua laporan dari setiap dinas. Sehingga, akhir tahun bisa segera dilaporkan penggunaan anggaran selama 2017 ini.

Meskipun proses pelaporan LKPJ Tahun Akhir Anggaran ini diberi waktu selambat-lambatnya tiga bulan setelah penggunaan anggaran berakhir.

"Masih ada waktu satu bulan untuk bisa menyusun atau menyicil LPJ penggunaan anggaran. Dari setiap dinas juga sudah kami instruksikan melaporkan penggunaan anggaran yang sudah selesai," imbuhnya.

Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo mengatakan pentingnya LKPJ ini ialah untuk sebagai acuan di tahun berikutnya. Apalagi nanti pihak dewan akan memberikan catatan terkait LKPJ yang belum dilaporkan ditahun sebelumnya.

"Sekarang kan harus memberikan catatan terkait LKPJ yang dilaporkan. Baik itu dari pandangan fraksi-fraksi. Catatan itu bentuknya progres ke depan bagaimana. Jika ada yang minus ya dicantumkan dalam catatan itu," kata Cahyo.

Terkait LKPJ penggunaan anggaran, pihaknya meminta agar tidak terlalu lama dan mengulur-ulur waktu. Jika ada dinas yang dirasa sudah selesai dalam penggunaan anggaran, segera membuat laporan.

Karena, menurut dia, idealnya ialah begitu selesai menggunakan anggaran, segera dibuat laporannnya.

"Biar tidak mengulur waktu. Kalau bisa awal tahun sudah selesai dan segera dilaporkan. Buat apa lama-lama. Semisal Humas mengadakan acara ini, begitu selesai segera dibuat laporannya, sehingga ketika pengumpulan LKPJ tidak ada yang menunggu ini itu," pungkas dia.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved